Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik Rabu (3/7) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Jokowi jawab desakan agar Menkominfo mundur hingga PKB pertimbangkan Sandiaga Uno untuk Pilkada Jawa Barat.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Jokowi jawab desakan agar Menkominfo mundur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan jawaban atas desakan sejumlah pihak yang meminta Budi Arie Setiadi mundur dari jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Desakan itu dikaitkan dengan insiden peretasan dalam bentuk ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di Surabaya sejak Rabu (17/6), yang berakibat server sejumlah lembaga dan kementerian lumpuh.

"Semuanya sudah dievaluasi," kata Presiden Jokowi usai meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat, Rabu, merespons desakan tersebut.

Baca selengkapnya di sini


2. Istana hormati putusan DKPP berhentikan Ketua KPU RI

Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana menyatakan pemerintah menghormati putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap untuk Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari terkait kasus dugaan asusila.

"Pemerintah menghormati putusan DKPP sebagai lembaga yang berwenang menangani pelanggaran kode etik dari penyelenggara pemilu," kata Ari melalui pesan singkat diterima di Jakarta, Rabu.

Dian mengatakan sanksi pemberhentian tetap untuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari oleh DKPP akan ditindaklanjuti dengan penerbitan Keputusan Presiden.

Baca selengkapnya di sini


3. Hasyim Asy'ari berterima kasih diberhentikan sebagai Ketua KPU RI

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari berterima kasih kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI yang telah menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada dirinya terkait kasus dugaan asusila.

Hal itu disampaikan Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan, saya mengucapkan alhamdulillah dan saya ucapkan terima kasih kepada DKPP yang telah membebaskan saya dari tugas-tugas berat sebagai anggota KPU yang menyelenggarakan Pemilu," ujar Hasyim.

Baca selengkapnya di sini


4. Wasekjen: Pertimbangan PDIP usung Kaesang diputuskan melalui rapat DPP

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan bahwa pertimbangan partai-nya untuk mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, yang juga putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 akan diputuskan melalui rapat internal DPP PDIP.

"Jadi kalau Mas Kaesang tadi Mbak Puan (Puan Maharani) bilang dipertimbangkan, tentu semua dipertimbangkan, tapi yang diputuskan siapa itu nanti (diusung) melalui rapat di DPP," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


5. PKB pertimbangkan Sandiaga Uno untuk Pilkada Jawa Barat

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa Sandiaga Uno yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dipertimbangkan untuk didukung oleh partainya maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024.

Menurutnya nama kader dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menjadi aspirasi dari jajaran PKB. Untuk itu, menurutnya PKB masih menjajaki kemungkinan Sandiaga Uno untuk didukung menjadi calon gubernur Jawa Barat.

"Beberapa aspirasi masuk dari jajaran PKB supaya Pak Sandiaga dimasukkan menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Jazilul usai mengikuti Silaturahim Kebangsaan MPR RI di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024