Beijing (ANTARA) - AG600, pesawat amfibi berukuran besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China, memulai fase baru untuk produksi berkelompok (batch production) dan perakitan akhir pertamanya dalam jumlah kecil.

Perusahaan manufaktur pesawat terkemuka di China,.Aviation Industry Corporation of China (AVIC) pada Selasa (2/7) menjelaskan, bagian besar dari hidung pesawat untuk batch production pertama AG600 ini telah dikirim pada 30 Juni,

Langkah tersebut menandai transisi bagi tipe pesawat AG600 dari fase pengembangan ke fase batch production, kata AVIC.

Menurut AVIC, produksi hidung pesawat itu berlangsung selama tiga bulan. Administrasi Regional Pusat dan Selatan (Central and Southern Regional Administration), yang berada di bawah naungan Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China/CAAC), telah melakukan inspeksi kelaikudaraan untuk manufaktur komponen besar ini.

Setelah itu, perakitan akhir pesawat AG600 ini akan dilakukan oleh AVIC General Huanan Aircraft Industry Co., Ltd. di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan.

Setelah AG600 mengantongi sertifikat tipe, pesawat tersebut akan dikirimkan ke pelanggan, kata AVIC.

Pesawat AG600, masih menurut AVIC, menargetkan untuk mendapatkan sertifikat tipenya pada akhir tahun ini.

AVIC menambahkan bahwa empat pesawat AG600, yang ditujukan untuk digunakan dalam uji terbang, saat ini sedang melakukan misi uji kelaikudaraan di berbagai penjuru China guna memverifikasi performa pesawat jenis baru ini dan kepatuhannya terhadap standar kelaikudaraan.
 
Foto udara yang diambil pada 27 Desember 2023 ini menunjukkan pesawat amfibi berbadan besar AG600 China sedang menjalani uji terbang. (Xinhua/HO Aviation Industry Corporation of China)   

Sebagai negara yang luas dengan bentang alam yang kompleks, China terus memperkuat kemampuannya di sektor penyelamatan darurat via udara.

Rencana Lima Tahunan ke-14 (2021-2025) China memaparkan usulan perbaikan sistem manajemen darurat nasional dengan memperkuat serta meningkatkan pilihan dan kemampuan sistem penyelamatan via udara.

Keluarga pesawat amfibi berukuran besar AG600 sedang dikembangkan sebagai alat penerbangan mutakhir yang penting untuk memperkuat kemampuan penyelamatan darurat negara tersebut, papar AVIC.

Keluarga pesawat ini dirancang untuk melakukan misi penyelamatan, seperti pemadaman kebakaran, serta pencarian dan penyelamatan maritim di semua jenis medan di seluruh China.

Pesawat amfibi seri AG600 memiliki konfigurasi yang unik, yakni bodi bagian atas yang berbentuk pesawat yang terintegrasi dengan bodi bagian bawah yang berbentuk lunas kapal.

Menurut AVIC, keluarga pesawat AG600 sedang dikembangkan dengan fokus pada kemampuan amfibi, keserbagunaan di berbagai modelnya, dan pengembangan yang berseri.

Pesawat amfibi berukuran besar ini dapat dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas untuk memenuhi beragam permintaan dari penggunanya di berbagai bidang, seperti pemantauan lingkungan laut, pendeteksian sumber daya, transportasi penumpang dan kargo, serta masih banyak lagi, demikian AVIC.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024