Makassar (ANTARA) - Sebanyak 700 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah dikerahkan untuk mengamankan beberapa lokasi yang akan menjadi titik kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan(Sulsel), Kamis.

Dandim 1424 Sinjai Letkol (Arm) Dian Akhmad Arifandi bersama Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdullah memimpin langsung apel pengamanan dan berkeliling mengecek lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi.

"Kita sudah siap menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sinjai dan kami memastikan pengamanan akan berjalan sesuai protokol dan tetap humanis," ujarnya di Sinjai, Kamis.

Dandim 1424 Sinjai mengutarakan bahwa pihaknya akan menurunkan sekitar 120 orang personel Kodim untuk mengamankan titik-titik lokasi maupun jalur yang akan dilalui Presiden.

“Hari ini kita dari Kodim menurunkan kurang lebih 120 orang. Persiapan sudah kita lakukan sejak 3 hari lalu. Sampai saat ini kita masih terus mengupayakan yang terbaik agar kunjungan kerja Presiden Jokowi bisa berjalan lancar dan aman,” jelasnya.

Letkol Dian berpesan, agar seluruh masyarakat dapat membantu aparat keamanan untuk kelancaran kunjungan kerja Presiden RI di Kabupaten Sinjai.

“Mohon bantuan dan dukungan seluruh masyarakat agar bekerja sama. Kita tunjukkan kesan baik kepada bapak Presiden bahwa masyarakat Sinjai adalah masyarakat yang baik dan beradab,” kata Dandim.

Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdullah menambahkan pihaknya mengerahkan sekitar 300 personel dari Polres dan Polsek jajaran.

Dari semua jumlah personel gabungan dari TNI-Polri maupun pasukan lainnya, diperkirakan mencapai 700 orang personel. Mereka semua siap mengamankan jalannya kunjungan kerja orang nomor satu di Republik ini.

“Kunjungan kerja Presiden RI adalah sebuah anugerah bagi masyarakat Sinjai. Karena beliau hadir sebagai bentuk penghormatan dan bentuk kedekatan Presiden dengan rakyatnya. Insya Allah kami siap mengamankan kunjungan kerja presiden di tanah Panrita Kitta,” ucapnya.

Senada dengan Dandim, Kapolres Sinjai juga mengajak masyarakat untuk bekerja sama demi melancarkan seluruh agenda yang akan dilaksanakan Presiden RI selama berada di Sinjai.

“Saya mempersilakan masyarakat yang ingin melihat beliau melintas, saya minta tunjukkan etika dan keramahan sebagai masyarakat Sinjai yang baik. Mari kita kerja sama untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan terkendali. Saya yakin dan percaya, masyarakat Sinjai sangat cinta dengan presidennya, saya yakin masyarakat bisa menciptakan situasi Kamtibmas yang baik,” terangnya.

Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan berkunjung di dua titik di Kabupaten Sinjai, yakni di Pasar Sentral dan RSUD Sinjai.

Rombongan RI 1 diperkirakan akan tiba pada pukul 15.00 WITA, dengan dua opsi, yakni jalur darat dari Kabupaten Bone, atau menggunakan helikopter yang direncanakan akan mendarat di Stadion H. Andi Bintang.
Baca juga: Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Sulsel tinjau pompa dan RSUD
Baca juga: Jokowi tekankan pentingnya cadangan data nasional
Baca juga: Presiden: RI mulai babak baru jadi pemain global ekosistem EV
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024