Jakarta (ANTARA) - Video singkat sejak beberapa tahun ini menarik banyak penonton karena dalam durasi yang pendek berisi sejumlah informasi penting.

Sejak beberapa tahun belakangan, platform media sosial seperti TikTok, Instagram dan YouTube memperkenalkan format video singkat, yang memantik kreativitas para kreator dalam membuat konten. Rata-rata video singkat yang diunggah di berbagai platform media sosial tidak lebih dari 1 menit.

Jika ingin membuat video singkat yang berpotensi populer untuk media sosial, Anda perlu fokus pada beberapa aspek penting: konten yang menarik dan kualitas video. Meskipun durasi pendek, membuat video singkat menimbulkan banyak tantangan karena dalam durasi sependek itu, konten perlu memberikan informasi yang padat.

Ingin membuat video singkat yang tidak hanya menarik, tapi, juga bisa menarik banyak penonton? Simak langkah-langkah berikut yang akan membantu Anda menciptakan konten video singkat yang memikat untuk platform apa pun!

1. Ikuti tren

Terus pantau tren terbaru dan apa yang sedang hangat dibicarakan di platform media sosial yang Anda gunakan. Jangan lupa gunakan hashtag (tanda pagar) yang sedang tren dan ikuti tantangan yang sedang viral.

2. Cerita singkat dan jelas

Pastikan video Anda menggunakan narasi yang menarik perhatian dalam beberapa detik pertama dan memiliki pesan yang jelas untuk dapat disampaikan secara cepat.

3. Musik yang tepat

Pilihlah musik yang sedang populer dan menarik perhatian.

4. Kualitas video

Pastikan video yang Anda buat memiliki pencahayaan yang baik, audio yang jelas, editing yang efisien dan resolusi tinggi.

5. Unggah pada waktu yang tepat

Tentukan waktu terbaik untuk mengunggah video berdasarkan kapan audiens Anda paling aktif. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa menggunakan alat analisis seperti Instagram Insights atau TikTok Analytics untuk mengetahui kapan waktu yang optimal untuk mengunggah video.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda bisa menciptakan konten yang menarik dan mendapatkan banyak penonton di media sosial. 

Harus diingat bahwa kunci kesuksesan adalah konsistensi dan kreativitas. Teruslah bereksplorasi dan bereksperimen dengan konten Anda untuk menemukan cara yang paling efektif. 

Selamat mencoba!

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024