Kupang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake mengatakan bahwa maskapai penerbangan AirAsia membuka dua rute penerbangan internasional dari dan ke Labuan Bajo untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di kawasan itu.

“Pagi tadi saya baru dapat informasi bahwa AirAsia akan membuka dua rute penerbangan internasional ke Labuan Bajo,” katanya di Kupang, Kamis, seusai membuka Rapat Koordinasi Asosiasi Perusahaan Penjamin Daerah (Aspenda) 2024.

Dia mengatakan bahwa dua rute penerbangan internasional itu adalah Kuala Lumpur - Labuan Bajo, dan Singapura - Labuan Bajo, namun kapan waktunya dia mengaku belum tahu.

“Namun pastinya saya dapat info dalam tahun ini,” ujar dia.

Baca juga: Bandara Komodo Labuan Bajo siap layani penerbangan internasional

Ayodhia menilai bahwa dengan  pembukaan rute tersebut membuka kesempatan bagi seluruh pemda untuk mempromosikan potensi pariwisatanya ke seluruh dunia.

Namun semua tergantung pemerintah daerah, apakah mau bekerja atau tidak untuk mempromosikan sektor pariwisata.

“Makanya saya selalu mendorong para bupati dan wali kota agar menyiapkan diri dan daerahnya untuk mengembangkan sektor pariwisata, tidak hanya nasional tetapi internasional,” tambah dia.

Baca juga: AirAsia terpilih sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik versi Skytrax

Berdasarkan rilis dari website resmi airasia Malaysia, rute baru dari Kuala Lumpur-Labuan Bajo  akan mulai dioperasikan pada tanggal 3 September 2024.

Proses pemesanan tiket untuk rute tersebut mulai berlaku pada Kamis (4/7) hingga 14 Juli 2024.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024