Malang (ANTARA) - Tiga mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (FVUB) mengikuti summer short course (kursus singkat musim panas) di Universiti Teknologi Petronas (UTP) di Seri Iskandar, Perak, Malaysia melalui Brawijaya International Student Mobility Award (BISMA) .

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Rio Teguh Santoso, Benardi Denoprio Butar Butar, dan M Mujib, dari Jurusan Sistem Informasi Angkatan 2022. Program BISMA berlangsung pada Juni 2024 di Persiaran UTP, Malaysia.

Rio Teguh Santoso dalam keterangannya di Malang, Jawa Timur, Kamis, menyampaikan ketertarikannya mengikuti BISMA untuk meningkatkan kemampuan interpersonal, problem-solving, dan kepemimpinan, serta menciptakan kenangan tak terlupakan dengan pengalaman baru dan berkesan.

Baca juga: Mahasiswa UB ciptakan alat terapi kelainan tulang belakang pada anak

Pada program tersebut mereka juga mengikuti kelas yang linier dengan mata kuliah di Jurusan Sistem Informasi.

“Kami dan peserta lainnya mengikuti berbagai kelas yang mencakup Machine Learning, Data Analytics, Information and Software Engineering, serta sesi khusus dari praktisi industri," katanya.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga terlibat dalam proyek praktis, seperti pembuatan traffic light dan penerapan sensor pada kipas otomatis di restoran.

Benardi Denoprio Butar Butar menambahkan mereka tidak hanya belajar dari dosen-dosen UTP, tetapi juga dari praktisi industri, seperti Google dan Change Maker. “Cukup menantang, tetapi sangat berdampak,” ungkap Benardi.

Baca juga: 39 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dapat beasiswa dana abadi UB

Rio, Benardi, dan Mujib juga berkesempatan mengikuti aktivitas tim yang menantang, seperti menjelajah Gua Tempurung, IPOH local tour, mengunjungi Desa Silverlake, Twin Tower Kuala Lumpur, dan sudut lainnya di Negeri Jiran itu.

"Pengalaman ini tidak hanya mengasah keterampilan teknis kami, tetapi juga mengajarkan problem solving di tanah orang. Selain pemahaman akademik bertambah, kami belajar kebudayaan negara tetangga, Malaysia,” kata M Mujib.

BISMA merupakan program inisiasi yang dirancang untuk mendukung internasionalisasi UB melalui pertukaran mahasiswa internasional. BISMA 2024 diresmikan sebagai bagian dari upaya UB untuk meningkatkan kompetensi global dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Baca juga: 39 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dapat beasiswa dana abadi UB

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024