Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang berencana menggelar "Semarang Townhall Muda Fest" yang bertemakan "Kita Muda, Kita Masa Depan!" untuk mewadahi kreativitas anak-anak muda dan kalangan milenial.

Festival tersebut berlangsung pada Sabtu (6/7) mendatang di Halaman Balai Kota Semarang, mulai pukul 15.30 hingga 21.30 WIB.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Jateng, Kamis, menjelaskan bahwa festival tersebut menawarkan serangkaian kegiatan menarik dan edukatif sebagai wadah inspirasi dan kolaborasi kaum muda di Kota Semarang dan sekitarnya.

"Ini merupakan kesempatan emas bagi generasi muda untuk saling bertukar ide, memperluas jejaring, dan mengembangkan diri. Mari bersama-sama gelorakan semangat muda dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih cerah," katanya.

Sosok yang akrab disapa Ita tersebut mengajak kepada kaum muda untuk bisa hadir dan turut memeriahkan event tersebut.

"Monggo kepada seluruh pemuda untuk datang dan berpartisipasi dalam acara yang penuh inspirasi dan keceriaan ini," katanya.

Ia mengatakan acara tersebut terbuka untuk umum dan gratis sehingga siapa pun dapat turut serta merayakan semangat muda yang penuh inspirasi dan kreativitas.

Rangkaian pertama Semarang Townhall Muda Fest dimulai dengan talkshow "Innovation & Smart Policy" yang menghadirkan narasumber-narasumber berpengalaman.

Mereka bakal berbagi ilmu dan inspirasi mengenai inovasi serta kebijakan cerdas sehingga diharapkan memberikan perspektif baru, sekaligus mendorong semangat kreatif inovatif di kalangan generasi muda.

Setelah itu, suasana bakal kian semarak dengan penampilan musik dari band-band lokal ternama dan DJ Idol yang siap mengguncang panggung.

"Penampilan musik ini tidak sekadar hiburan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas dan bakat generasi muda di bidang musik," katanya.

Bagi para pencinta cosplay, festival tersebut juga menghadirkan para cosplayer yang menampilkan beragam karakter anime.

Tidak ketinggalan, Semarang Townhall Muda Fest juga akan diisi stand-stand UMKM kuliner khas Kota Semarang untuk mendukung dan mempromosikan produk lokal serta memberikan kesempatan bagi enterpreneur muda untuk mengenalkan usaha mereka kepada masyarakat luas.

Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan dan minuman sembari berinteraksi dengan para pelaku UMKM.

Baca juga: Pemkot Pekalongan promosikan kuliner khas di Ragam Kuliner Pantura

Selain itu, berbagai komunitas pemuda di Kota Semarang akan turut berpartisipasi dengan mendirikan "community stand" memamerkan berbagai kegiatan dan program yang mereka jalankan.

Melalui kehadiran "community stand", diharapkan para pemuda dapat menjalin sinergi dan kolaborasi bersama untuk membangun masa depan yang lebih baik, terutama di Kota Semarang.

Sebagai puncak Semarang Townhall Muda Fest yakni pembacaan "Youth Pledge" atau ikrar pemuda, dengan mengajak seluruh peserta mengucapkan ikrar bersama-sama sebagai bentuk komitmen untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Ikrar pemuda tersebut merupakan simbol semangat dan tekad generasi muda dalam menghadapi tantangan dan peluang masa depan dengan penuh percaya diri dan optimistis.

Bagi yang ingin bergabung dan merasakan keseruan acara tersebut dapat mendaftarkan diri melalui link pendaftaran di "https://bit.ly/townhallmuda2024".

Baca juga: Penglipuran Village Festival targetkan 5.000 kunjungan sehari
Baca juga: Festival kuliner nonhalal di Solo dihentikan sementara

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024