Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Palestina untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Riyad H. Mansour menyampaikan tiga pesan kepada Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin terkait upaya penghentian kekerasan di Gaza, Palestina.

"Ada tiga pesan yang kami sampaikan, pentingnya menghentikan kekerasan dan kekejaman yang ada di Palestina," kata Mansour dalam keterangan persnya usai bertemu Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Kamis.

Pesan pertama yang disampaikan-nya adalah upaya gencatan senjata.

Kedua, kata dia, pentingnya memastikan bantuan kemanusiaan dari dunia internasional dapat terus mengalir ke Palestina.

Ketiga, ia mengatakan perlu adanya pengakuan dari banyak negara untuk negara Palestina yang berdaulat.

Baca juga: Wapres terima kunjungan Komite Palestina PBB bahas dukungan RI ke Gaza

Baca juga: Wapres akui pentingnya pembiayaan dan SDM mumpuni untuk keamanan siber


Terkait tiga pesan yang disampaikan-nya itu, Mansour pun mengapresiasi atas respons positif dari Wapres Ma'ruf yang juga menekankan perlunya langkah praktis untuk meredam kekerasan di Gaza.

"Kami sangat senang mendengar respons positif, tanggapan positif dari Bapak Wakil Presiden terkait dengan pentingnya menggeser komitmen rencana aksi yang sudah ada saat ini dari komitmen dukungan menjadi langkah praktis yang kita lakukan bersama. Kami menyampaikan apresiasi atas dukungan masyarakat Indonesia terhadap saudara dan saudari di Palestina, Yerusalem, dan Gaza," kata dia.

Untuk diketahui, Wapres menerima kunjungan kehormatan Komite Palestina PBB di Istana Wapres, Jakarta, untuk membahas tentang dukungan yang telah diberikan Pemerintah dan rakyat Indonesia atas situasi di Gaza, Palestina.

Wakil Tetap Senegal untuk PBB Cheikh Niang dalam pertemuannya dengan Wapres menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah dan komitmen kuat masyarakat Indonesia terhadap isu-isu Palestina.

"Kami sepandangan dengan Bapak Wakil Presiden terkait dengan situasi yang ada di Palestina, terutama di Gaza dan kami juga sepakat bahwa upaya internasional harus terus ditingkatkan terutama dukungan dari Indonesia," kata Cheikh Niang yang juga Ketua Biro Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Penerapan Hak Asasi Rakyat Palestina (CEIRPP) dalam keterangan pers di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Cheikh menjelaskan bahwa dalam kunjungan Komite Palestina PBB ke banyak negara, ia mengapresiasi dukungan yang besar dari pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus mengangkat isu gencatan senjata di Palestina.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024