Washington (ANTARA) - Sektor swasta Amerika Serikat  mencatat pertambahan 150.000 lapangan kerja pada Juni tahun ini, yang merupakan pertanda terbaru bahwa pasar tenaga kerja mulai melambat, ungkap sebuah laporan yang dirilis pada Rabu (3/7).

Data terbaru tersebut diumumkan oleh Automatic Data Processing (ADP) dan Moody's Analytics dalam Laporan Ketenagakerjaan Nasional (National Employment Report) berdasarkan sebuah survei bulanan.

"Pertumbuhan lapangan kerja masih kuat, tetapi tidak memiliki jangkauan yang luas," ujar Nela Richardson, kepala ekonom di ADP.

"Seandainya bukan karena rebound dalam perekrutan di sektor rekreasi dan perhotelan, Juni akan menjadi bulan yang suram."

Jumlah pertambahan lapangan kerja pada Mei direvisi naik dari 152.000 menjadi 157.000. Data Juni ini menandai kenaikan terkecil dalam lima bulan, kata MarketWatch.

Kenaikan gaji secara tahunan untuk para pekerja yang masih aktif bekerja terhitung sebesar 4,9 persen pada Juni, laju pertumbuhan paling lambat dalam kurun hampir tiga tahun, tunjuk laporan ADP.

Laporan ADP itu diterbitkan dua hari sebelum laporan ketenagakerjaan bulanan krusial yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja (Bureau of Labor Statistics) Departemen Ketenagakerjaan AS, yang akan mencakup data ketenagakerjaan baik dari sektor swasta maupun pemerintah.




 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024