Jakarta (ANTARA) - Dua perwira dari jajaran Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU, yakni Mayor pas Rifki Aljauhari dan Lettu pas I Gede Wira Nugraha Suwita mengikuti Defense Exchange 24-2 Subject Matter Expert Exchange (SMEE) di Joint Base Pearl Barbour, Hawai, Amerika Serikat, pada 10-14 Juni 2024.

Kepala Penerangan Kopasgat Kolonel Pas Sumarsono saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis, mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka menjalin hubungan bilateral dan bertukar ilmu tentang pertahanan udara antarnegara-negara pasifik.

"Ini juga bagian dari upaya meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dengan negara lain melalui pendekatan militer," katanya.

Sumarsono menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan oleh Security Force (SF) USAF ini diikuti peserta dari lima negara, yakni Kanada, Inggris, Singapura, Taiwan, dan Indonesia.

Dalam kegiatan itu, para delegasi dari lima negara tersebut juga diberi kesempatan untuk Command Center Joint Base Pearl Harbour.

Pada akhir kegiatan, lanjut Sumarsono, dua perwira utusan TNI AU itu terlibat dalam diskusi antarperwakilan militer negara lain tentang pertahanan udara dan pembahasan rencana kerjasama antara Kopasgat dengan Security Force.

Dengan kegiatan tersebut, Sumarsono berharap dua perwiranya dapat menyerap ilmu dan mengimplementasikan ke satuan demi memperkuat pertahanan udara Indonesia.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat membuat hubungan bilateral Indonesia dengan empat negara peserta forum pertukaran ilmu menjadi lebih harmonis.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024