Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi  meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  bisa menjaga kenyamanan dan kerukunan beragama untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung.

"FKUB merupakan lembaga independen yang bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, untuk memberikan rasa aman kepada seluruh penghuni di sini termasuk wisatawan," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di Jakarta,Kamis.

Menurut dia FKUB memiliki peran  menyukseskan program pemerintah yang telah disiapkan, khususnya dalam hal memberikan rasa nyaman dan kerukunan umat beragama.

Ia menambahkan FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Selain itu, lanjutnya FKUB bersifat independen dalam menetapkan kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.

"Tentunya wilayah Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata yang terbuka sehingga peran FKUB penting untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung," kata dia.

Dirinya berharap FKUB ke depan memiliki peran dalam setiap kegiatan dan program Pemerintah.

"Kabupaten Kepulauan Seribu mendukung kepengurusan FKUB yang terbentuk, sehingga bisa menjalankan semua program di tengah masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesbangpol Kepulauan Seribu, Ahmad Yani Rivai Yusuf mengaku mendukung kepengurusan FKUB yang terbentuk nanti.

"Usulan pengurusan FKUB Kepulauan Seribu akan kita sampaikan ke Provinsi DKI Jakarta," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024