Jakarta (ANTARA) - Internet kini semakin banyak digunakan untuk membantu aktivitas seseorang menjadi lebih mudah. Tak hanya sebagai sumber informasi, internet juga dapat menjadi ladang untuk menghasilkan uang.

Banyak cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan tanpa modal besar. Hanya bermodalkan ponsel atau laptop yang terhubung internet sudah bisa dapat memperoleh keuntungan kapan dan di mana saja.

Lantas bagaimana cara menghasilkan uang dari internet tanpa perlu banyak modal? Yuk simak, berikut informasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Cara menghasilkan uang dengan internet
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang di internet:

1. Menawarkan jasa penulisan

Salah satu pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan untuk menghasilkan uang dari rumah cukup bermodal internet adalah menjadi seorang copywriter dan content writer yang menawarkan jasa penulisan. Tugas utamanya membuat konten maupun artikel tulisan pada website maupun media sosial untuk keperluan promosi dan komersial. Dengan menawarkan jasa penulisan, seseorang bisa menetapkan tarif tulisannya sendiri.

2. Menjual foto secara online

Menjual foto secara online bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan keuntungan dari internet, terutama bagi mereka yang senang dengan fotografi. Ada beberapa platform online yang bisa dimanfaatkan untuk menjual foto, diantaranya yakni Shutterstock, Getty Images. Nantinya, hasil karya foto dapat dikirimkan ke platform tersebut dengan membuat akun terlebih dahulu untuk dapat menjualnya.

3. Menjadi tutor online

Menjadi tutor atau pengajar secara online juga dapat menghasilkan uang tanpa keluar banyak modal dengan mengandalkan bantuan internet, hal ini lantaran banyak pelajar yang aktif belajar dengan cara online. Membuka layanan bimbingan belajar dengan melakukan pengajaran dari mana saja melalui platform online. Nantinya, tutor atau pengajar dapat menetapkan biaya untuk setiap sesi yang perlu dihadiri.

4. Membangun akun YouTube

YouTube dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan, bahkan saat ini banyak dilakukan oleh sejumlah kreator konten. Para kreator konten YouTube dapat membuat video semenarik mungkin untuk menarik penonton maupun pengikut. Nantinya, YouTube akan memberi fee kepada konten kreator atas setiap iklan yang ada di kontennya.

5. Mengikuti Program Affiliate

Cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dicoba adalah mengikuti program affiliate marketing. Hal yang perlu dilakukan hanya mempromosikan produk dari suatu brand di berbagai platform. Adapun penghasilan yang didapatkan dari program afiliasi ini adalah komisi dari setiap pelanggan yang membeli produk. Saat ini banyak pemilik bisnis dan marketplace yang menyediakan opsi affiliate marketing.
 

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024