Jakarta (ANTARA) - Salah satu penyakit yang umum terjadi adalah gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. 

Meskipun umum terjadi, penyakit itu dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati atau mulas di bagian bawah dada. Kondisi itu terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung, dan dapat menyebabkan iritasi.

Naiknya asam lambung dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar (heartburn) di ulu hati atau di antara dada dan pusar. Ada beberapa cara yang dapat diambil untuk mengatasi GERD.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit tersebut:

1. Perubahan pola makan yang teratur
Salah satu penyebab asam lambung naik adalah waktu makan yang berantakan. Buat jadwal makan yang teratur setiap hari dan hindari makanan pedas, berlemak, dan berkafein. Makanlah dalam porsi kecil dan frekuensi lebih sering dibandingkan makan dalam porsi besar sekaligus

2. Beri jeda setelah makan
Jangan langsung berbaring, apalagi tidur setelah makan. Beri jarak waktu setidaknya 3 jam setelah makan, baru boleh berbaring atau pergi tidur. Langsung berbaring setelah makan bisa membuat asam lambung naik ke tenggorokan. 

3. Menghindari makanan pemicu
Sejumlah makanan bisa memicu asam lambung naik, misalnya makanan berlemak karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna. Selain makanan berlemak, makanan lain yang memicu penyakit itu antara lain kopi dan buah yang asam.

4. Pola tidur
Hindari tidur setelah makan. Jika penyakit sedang kambuh, tidurlah dengan kepala dan bahu lebih tinggi dari tubuh.

5. Kurangi berat badan
Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi gejala.

6. Berhenti merokok
Merokok menyebabkan sfingter esofagus, cincin otot di sekitar kerongkongan, melemah sehingga asam lambung bisa naik.

7. Mengelola stres
Stres dapat memperburuk gejala. Coba teknik-teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

8. Konsultasi dengan dokter
Jika gejala tidak membaik meskipun sudah mengubah gaya hidup, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut seperti penggunaan obat-obatan tertentu.

Setiap orang bisa saja memiliki respons yang berbeda setelah menerapkan cara-cara mengatasi asam lambung. Konsultasikan penyakit dengan dokter untuk rekomendasi yang sesuai dengan kondisi Anda.  

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024