Jakarta (ANTARA) - Freelance atau pekerjaan lepas kini bisa dijadikan untuk menghasilkan tambahan uang secara online dengan memanfaatkan internet tanpa tidak terikat jam kantor maupun lokasi.

Banyak pekerjaan freelance yang menawarkan berbagai peluang kerja sesuai dengan keahlian dan minat pelamar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut rekomendasi jenis kerja freelance untuk hasilkan uang di internet:

Jenis kerja freelance online

1. Desainer grafis

Pekerjaan ini bisa dijadikan pilihan untuk bekerja freelance di internet. Hal ini lantaran profesi ini banyak dibutuhkan perusahaan untuk membuat sebuah logo atau banner untuk kepentingan promosi produk mereka. Untuk bekerja sebagai desainer grafis, wajib menguasai software seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, dan sejenisnya untuk menghasilkan sebuah desain.

2. Penulis

Pekerjaan sebagai penulis konten, baik itu sebagai penulis konten ataupun copywriter dapat dijadikan pilihan untuk kerja freelance dengan kerja secara online. Hal ini lantaran banyak perusahaan yang membutuhkan banyak penulis untuk membuat konten seperti artikel untuk blog ataupun website, dan media sosial perusahaan.

3. Tutor atau pengajar

Pekerjaan sebagai tutor atau pengajar bisa menjadi pilihan untuk berkerja freelance melalui online. Hal ini lantaran banyak pelajar yang aktif belajar dengan cara online. Membuka layanan bimbingan belajar kepada pelajar yang membutuhkan bisa dilakukan melalui platform online. Nantinya, tutor atau pengajar dapat menetapkan biaya untuk setiap sesi yang perlu dihadiri. Sesuaikan dengan keahlian untuk memilih bidang studi maupun tingkatan pendidikannya.

4. Data entry
​​​​​​​
Untuk yang mahir menggunakan aplikasi Microsoft Excel atau aplikasi yang mendukung dalam input data lainnya, maka pekerjaan data entry cocok untuk dicoba sebagai pekerjaan freelance online. Sebagai seorang data entry nantinya akan bertugas untuk memasukkan data pelanggan hingga menyortirnya agar terhindar dari berbagai kesalahan.

5. Video editor

Pekerjaan freelance sebagai video editor online cukup banyak dicari saat ini. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang menyukai konten visual baik gambar maupun video. Biasanya influencer maupun perusahaan banyak membutuhkan video editor. Untuk mengedit video dibutuhkan skill menggunakan aplikasi pengedit video seperti Adobe Premiere Pro, Lightworks, Final Cut Pro, dan aplikasi lainnya.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024