Medan (ANTARA) - Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang mengatakan, festival bunga dan buah di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, Kecamatan Berastagi, Sumatera Utara, untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang d wilayah ini.

"Jumlah pengunjung pada hari ini saja sekitar 25.000 orang, dan dari laporan hotel yang berada di kawasan Berastagi sudah penuh," kata Cory di Berastagi, Kamis.

Dia mengatakan, jumlah pengunjung di acara festival bunga dan buah yang diselenggarakan selama tiga hari ini, bisa mencapai target sebanyak 80.000 sampai 90.000 orang dengan putaran uang sekitar Rp10 miliar.

Kegiatan yang masuk agenda nasional ini, menurut Cory, merupakan momentum sebagai menarik wisatawan yang hadir di Berastagi maupun kawasan sekitarnya.

Berbagai acara yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Karo seperti, parade mobil hias dengan menonjolkan hasil alam Karo, melibatkan pemangku kepentingan maupun perusahaan, kreasi anak sekolah, hiburan rakyat, dan mengundang grup band nasional maupun melibatkan UMKM.

"Ada 160 UMKM yang berada di dalam area selain di luar, ini otomatis bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Objek pariwisata di Karo merupakan salah satu unggulan di Sumatera Utara dengan keindahan alamnya berupa pegunungan, sungai maupun budaya Karo yang khas dan lainnya.

Selain memiliki keunggulan dalam keindahan alam, menurut Cory, untuk meningkatkan jumlah pengunjung di wilayah ini, pihaknya juga mengadakan kegiatan Karo Music Camp maupun Aquabike ke depannya.

Baca juga: Pemkab Karo catat pengunjung festival bunga-buah mencapai 65.000 orang
Baca juga: Perwakilan Kemenparekraf mengapresiasi festival bunga dan buah di Karo

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024