Jakarta (ANTARA) - Biro Komite Palestina PBB (Committee on the exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People/CEIRPP) ingin menciptakan gelombang dukungan dari negara-negara Asia Pasifik, untuk Palestina.

Hal itu disampaikan Wakil Tetap RI untuk PBB yang merupakan anggota Biro Komite Palestina PBB Arrmanatha Nasir, usai bersama-sama dengan delegasi Biro Komite Palestina PBB bertemu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

"Beberapa waktu lalu ada gelombang dari Eropa, negara-negara Eropa, juga negara-negara baru yang mengakui Palestina. Sekarang yang sedang diupayakan adalah menciptakan gelombang yang sama di Asia Pasifik," kata Arrmanatha Nasir dalam konferensi pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

Arrmanatha menjelaskan gelombang dukungan Eropa terhadap Palestina tidak lepas dari peran aktif Indonesia, karena Menlu RI merupakan satu dari delapan Menlu Komite Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang ditunjuk untuk melakukan lobi-lobi ke negara-negara barat.

Oleh karena itu, Biro Komite Palestina PBB mengharapkan Indonesia juga dapat berperan untuk mendorong gelombang dukungan dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

"Harapan kami dengan adanya semakin banyak negara-negara yang mengakui Palestina, harapannya ini mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mengakui Palestina, untuk menerima Palestina di PBB," jelas Arrmanatha.

Lebih jauh dia menjelaskan kunjungan Biro Komite Palestina PBB ke Indonesia pada dasarnya ingin mengucapkan terima kasih terhadap apa yang selama ini telah dilakukan Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Biro Komite Palestina PBB melihat dukungan RI terhadap Palestina tidak hanya dukungan politis di forum-forum internasional seperti G20, ASEAN dan lain sebagainya, melainkan juga dukungan konkret seperti penyaluran bantuan ke Gaza di tengah situasi yang sangat buruk di sana.

Baca juga: Komite PBB yakin pemerintahan baru Indonesia terus dukung Palestina
Baca juga: Komite PBB puji konsistensi RI perjuangkan hak rakyat Palestina
Baca juga: Indonesia jadi tuan rumah konferensi tentang Jerusalem

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024