New Delhi (ANTARA) - India pada Kamis mengupayakan “penyelesaian dini atas permasalahan yang tersisa di wilayah perbatasan” dengan China ketika diplomat utama dua negara tetangga Himalaya itu bertemu di ibu kota Kazakhstan, Astana.

Menteri Luar Negeri India Subarhmanyan Jaishankar bertemu dengan mitra asal China Wang Yi di sela pertemuan dua hari Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang dimulai sehari sebelumnya.

Jaishankar mengatakan setuju dengan Wang untuk "menggandakan upaya diplomatik dan militer" untuk menyelesaikan masalah perbatasan.

“Menghormati LAC (Garis Kontrol Aktual) dan memastikan perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan adalah hal yang penting,” katanya, seraya menambahkan bahwa “tiga hal yang saling menguntungkan – saling menghormati, kepekaan timbal balik, dan kepentingan bersama – akan memandu hubungan bilateral kita.”

Perseteruan mengenai perbatasan Himalaya sepanjang hampir 3.500 km, yang dikenal sebagai Garis Kontrol Aktual (LAC) di wilayah Ladakh di Jammu dan Kashmir yang disengketakan, meletus pada Mei 2020 dan memicu bentrokan. Ribuan tentara dikerahkan di kedua sisi perbatasan, mengakibatkan 24 orang tewas.

Beberapa pertemuan yang melibatkan diplomat dan pejabat militer juga telah dilakukan untuk mengatasi kebuntuan.

Sumber: Anadolu
Baca juga: China: Penyelesaian perbatasan dengan India jadi kepentingan bersama
Baca juga: PM Modi dan Presiden Xi sepakat selesaikan sengketa perbatasan
Baca juga: India: China, India harus mundur dari konfrontasi perbatasan Himalaya

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024