Banda Aceh (ANTARA) - Prajurit TNI dari Kodim 0103/Aceh Utara melakukan perbaikan embung air untuk memenuhi kebutuhan pengairan masyarakat Dusun Pante, Kumbang Desa Teupin Reusep, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, yang selama ini rusak akibat banjir.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar di Aceh Utara, Kamis, mengatakan perbaikan embung tersebut sangat dibutuhkan, karena selama ini berfungsi untuk kebutuhan air bersih dan pengairan ke sawah warga.

"Lebih kurang 200 kepala keluarga dan 40 hektare sawah warga Dusun Pante Kumbang sangat membutuhkan pengairan dari embung tersebut, bahkan bahu bendungan embung juga digunakan untuk akses jalan warga menuju ke kebun masyarakat," kata Makhyar.

Ia menjelaskan, bantuan perbaikan tersebut merupakan tahap kedua yang dilakukan Kodim 0103/Aceh Utara. Sebelumnya, tahap pertama telah dilakukan perbaikan secara manual oleh prajurit Kodim dan warga, namun hasilnya kurang maksimal.

"Tapi kali ini untuk memaksimalkan hasilnya, selain personel Kodim 0103/Aceh Utara kita menggunakan alat berat beko dan dibantu bersama puluhan warga sekitar," ujarnya.

Baca juga: BPBD DIY: Pemenuhan air bersih warga Gunungkidul dan Sleman masih aman

Makhyar menambahkan bahwa pihaknya akan terus mendukung dan melaksanakan program unggulan dari Pangdam IM Mayjen TNI Niko Fahrizal, salah satunya seperti perbaikan embung pengairan.

"Tujuannya untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan serta mendukung jalannya perekonomian wilayah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Panten Kumbang Nurhadi menyatakan rasa syukur dan berterima kasih kepada TNI karena telah membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di desanya yaitu perbaikan embung untuk pengairan kebutuhan warga.

"Masyarakat telah lama mengharapkan adanya bantuan perbaikan ini, mudah-mudahan dengan adanya perbaikan ini membawa keberkahan untuk kita semua, kami sangat bahagia," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur NTB atensi krisis air bersih di KSPN tiga Gili

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024