Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan tengah mengembangkan gawai untuk smart home sebagai lini produk barunya dan gawai tersebut berpotensi memiliki Apple Intelligence di dalamnya.

Hal itu dipastikan dengan penemuan kode oleh pengembang backend Apple dari MacRumors yang pada Kamis (4/7) mengonfirmasi adanya pengembangan aksesori rumah dari Apple selain HomePod dan Apple TV.

Kode referensi perangkat dengan pengidentifikasi "HomeAccessory17,1" itu merupakan kategori pengenal baru. Nama ini mirip dengan kode pengenal HomePod "AudioAccessory".

Baca juga: Apple Intelligence mungkin hadirkan fitur berbayar

Baca juga: Mediatek rilis "chipset" Genio 700 untuk produk IoT dan "smart home"


Menariknya, indikator 17,1 dalam nama kode itu menunjukkan bahwa perangkat ini mungkin menerima chip A18 Apple yang akan datang.

Chip serupa juga diketahui akan digunakan di keempat model iPhone 16 yang akan rilis di akhir 2024.

Dengan chip A18, perangkat HomeAccessory yang belum teridentifikasi namanya di pasaran itu akan memiliki kemampuan untuk memaksimalkan kecerdasan artifisial Apple Intelligence.

Kode ini juga menunjukkan bahwa gawai untuk rumah pintar ini akan menjalankan varian perangkat lunak tvOS, seperti HomePod.

Sebenarnya pada awal tahun ini, MacRumors menemukan bukti kerja Apple di homeOS yang bisa menjadi dasar Apple mengembangkan gawai smart home baru yang didukung Apple Intelligence.

Sebagai catatan, penemuan kode tersebut juga merujuk adanya dua model Apple TV yang belum dirilis dengan kode identifikasi AppleTV14,4 dan AppleTV14,5.

Apple diperkirakan akan mengumumkan iPhone baru, iPad, dan produk lainnya pada bulan September 2024

Baca juga: IMOU luncurkan "smart home AI" generasi baru lewat IMOU SENSE

Baca juga: Teknologi "smart home" solusi mengamankan rumah saat bepergian

Baca juga: Pixel Tablet janjikan fungsi ganda untuk dukung "smart home"



Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024