Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Kamis (4/7), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI usai mantan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hingga PKB mengusung mantan Wali Kota Medan Muhammad Afif Bobby Nasution.

1. Mochammad Afifuddin ditunjuk jadi Plt Ketua KPU RI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memutuskan untuk menunjuk Anggota KPU RI Divisi Hukum dan Pengawasan Mochammad Afifuddin sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy'ari yang dijatuhkan sanksi pemberhentian tetap oleh DKPP.

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat pleno tertutup yang dilakukan Anggota KPU RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (4/7).

Selengkapnya baca di sini.

2. PKB sebut belum ada poros koalisi baru di Pilkada Jakarta

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada rencana membangun poros baru dalam pertarungan di Pilkada Jakarta.

Hal tersebut dipastikan Jazilul walaupun belakangan PDIP memberikan sinyal untuk bergabung dengan PKB mendukung mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Selengkapnya baca di sini.

3. PKB usung Bobby Nasution bakal calon Gubernur Sumatera Utara

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi telah mengusung Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden RI Joko Widodo, Muhammad Afif Bobby Nasution, untuk maju menjadi bakal calon Gubernur Sumatera Utara.

"SK yang diberikan DPP PKB memang belum lengkap artinya dalam SK itu memberikan keputusan dan menetapkan Mas Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid saat menyerahkan SK pencalonan ke Bobby Nasution di kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

Selengkapnya baca di sini.

4. Bambang Pacul tegaskan tak akan maju Pilkada Jateng 2024

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menegaskan dirinya tidak akan maju pada Pilkada Jateng 2024, menyoal namanya yang kerap masuk dalam bursa survei Pilkada Jateng 2024 sebagai bakal calon gubernur.

“Ya, itulah garis yang saya ambil (tidak maju Pilkada Jateng 2024),” kata Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Selengkapnya baca di sini.

5. AHY bantah ada tarik-menarik antara komposisi kabinet dan pilkada

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membantah ada tarik-menarik antara proses pembentukan kabinet dan komposisi kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2024.

AHY saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (4/7), menjelaskan Partai Demokrat begitu pula dengan partai politik lainnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap menghormati pilihan masing-masing untuk pilkada dan menyerahkan sepenuhnya komposisi kabinet kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024