Jakarta (ANTARA) - Setelah tujuh bulan sejak diluncurkan, perusahaan teknologi Amazon mengumumkan akan berhenti memproduksi Astro for Business, yakni sebuah robot keamanan yang dirancang khusus untuk penggunaan oleh bisnis kecil dan menengah.

Dalam surat elektronik yang dibagikan kepada konsumen dan pegawainya, Amazon mengungkapkan alasan menghentikan layanan Astro for Business karena perusahaan tersebut ingin berfokus pada versi Astro yang khusus diperuntukkan untuk menjaga rumah.

“Kami sepenuhnya berkomitmen terhadap visi kami untuk menghadirkan solusi robotika konsumen kelas dunia ke rumah pelanggan,” kata seorang juru bicara Amazon dilansir dari Tech Crunch pada Jumat.

Diluncurkan pada tahun 2021, Astro versi rumahan menawarkan fitur keamanan rumah, deteksi hewan peliharaan, pengiriman pesan, sebuah tempat penyimpanan yang mampu membawa barang hingga seberat 4,4 pon, dan fitur lainnya.

Baca juga: Amazon kenalkan robot asisten rumah "Astro"

Baca juga: Amazon kirim barang di California pakai robot Scout


“Untuk mempercepat progres dan penelitian kami guna menjadikan Astro sebagai robot rumah terbaik, kami memutuskan untuk menghentikan dukungan kepada Astro for Business. Kami sangat antusias dengan pengalaman dalam rumah yang kami ciptakan untuk Astro, dan menantikan untuk lebih banyak membagikannya di waktu yang akan datang,” kata Amazon.

Layanan robot Astro for Business tidak akan beroperasi mulai 25 September. Perusahaan menganjurkan pengguna untuk mendaur ulang robot keamanan tersebut melalui program daur ulang Amazon.

Setelah robot Astro for Business dihentikan, konsumen tidak akan lagi dikenakan biaya langganan. Konsumen akan mendapatkan pengembalian dana untuk biaya berlangganan Astro for Business yang belum terpakai. Selain itu, Amazon juga akan memberikan kompensasi tambahan sebesar 300 dolar AS.

Baca juga: Pegawai Amazon dirawat setelah robot rusak kaleng semprotan beruang

Baca juga: Amazon luncurkan "Rufus", asisten belanja AI di aplikasi seluler


 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024