Jakarta (ANTARA) - Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Supari menyampaikan, aplikasi SenyuM Mobile memudahkan pengusaha segmen ultra mikro mendapatkan akses langsung ke layanan keuangan formal dari BRI, Pegadaian, dan PNM, khususnya untuk produk tabungan dan investasi.

Layanan digitalisasi Holding UMi melalui SenyuM Mobile, jelas Supari, bukan hanya sekadar perubahan cara kerja dari manual menjadi digital tetapi juga merupakan upaya dalam meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan layanan, serta meningkatkan inklusi keuangan khususnya bagi pengusaha ultra mikro.

“Dengan  SenyuM Mobile, Holding UMi menyediakan layanan yang lebih cepat, mudah, dan aman bagi para pengusaha ultra mikro yang seringkali menghadapi kendala dalam mengakses layanan keuangan formal,” kata Supari melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Digitalisasi jadi peluang emas bagi pengusaha ultra mikro

SenyuM Mobile merupakan perpanjangan tangan dari Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) dalam integrasi digitalisasi dengan akses hanya dalam genggaman saja dapat menjangkau luas pengusaha mulai dari segmen ultra mikro ke seluruh lapisan masyarakat. SenyuM Mobile menyediakan integrasi layanan dari BRI, Pegadaian, dan PNM.

Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Mikro BRI M. Candra Utama mengatakan, kemudahan akses ke layanan pinjaman melalui SenyuM Mobile juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan modal kerja yang dibutuhkan untuk ekspansi usaha.

Hal ini, menurut dia, tidak hanya meningkatkan pendapatan para pengusaha ultra mikro, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

Candra pun menekankan pentingnya sinergi, kolaborasi, dan kerja sama untuk memajukan UMKM. Dia pun mengajak berbagai pihak bergerak bersama mewujudkan UMKM yang lebih maju dan berkembang, salah satunya dengan memperkuat BRI melalui kemitraan.

BRI mencatat, sinergi Holding Ultra Mikro (UMi) berhasil menarik lebih dari 50 ribu pengguna SenyuM Mobile hingga akhir Mei 2024. Menurut BRI, hal ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam digitalisasi transaksi keuangan di segmen ultra mikro yang sebelumnya didominasi oleh transaksi tunai.

Baca juga: BRI tekankan pentingnya transformasi digital yang berkelanjutan

Pinjaman BRI menjadi salah satu produk yang paling banyak digunakan dalam aplikasi SenyuM Mobile. Ini terlihat dari perkembangan plafon pencairan dari Rp41,7 triliun pada Desember 2023 menjadi Rp79,9 triliun pada Mei 2024 atau tumbuh 91,6 persen secara year to date.

Selain itu, produk Pinjaman Gadai di SenyuM Mobile juga tercatat sebagai layanan dengan tingkat keberhasilan referral tertinggi dengan success rate mencapai 90,71 persen pada Mei 2024.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024