Jakarta (ANTARA) - Menjelang musim kemarau, pemilik rumah bisa memanfaatkan lapisan cat tertentu yang mampu menahan panas sinar matahari saat siang hari untuk menjaga interior hunian tetap nyaman.

Aquaproof selaku jenama cat pelapis anti bocor memiliki produk Heatgard yang mengusung fungsi ganda yakni penolak panas sekaligus pelapis anti bocor. Heatgard yang sebelumnya tersedia dalam tiga opsi warna putih, abu-abu dan cream cheese, kini tersedia dengan tiga kelir baru yakni abu fosil, mocca latte dan terakota klasik.

"Produk dari Aquaproof ini menjadi solusi pemilik rumah terutama yang mengalami masalah hawa panas pada huniannya. Contohnya pada rumah hook atau rumah yang berada di sudut, rumah jenis ini akan lebih terpapar panas matahari karena memiliki dua sisi yang terbuka sehingga pemilik rumah akan merasakan panas berlebih di dalam rumahnya," kata Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia (Aquaproof) Chandra Kurniawan dalam siaran pers pada Jumat.

Baca juga: Aquaproof meluncurkan tiga varian warna baru

Ia menjelaskan, Heatgard dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya hingga 10-20 derajat celcius.

"Dengan Heatgard, penggunaan peralatan elektronik seperti kipas angin dan AC juga akan lebih menurun sehingga lebih menghemat energi listrik," kata dia.
Tiga warna baru Heatgard (ANTARA/HO)


Baca juga: Warna cat bisa membuat rumah sejuk saat cuaca panas

Warna baru Heatgard memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya abu fosil yang tergolong warna netral, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu cerah, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada dinding fasad, dinding samping maupun atap.

Kelir mocca latte mungkin dibayangkan seperti perpaduan kopi, cokelat dan susu. Padahal warna itu perpaduan antara cokelat dan krem yang membentuk karakteristik hangat, lembut, memberikan kesan aman, bahkan bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi stres bagi penghuni rumah.

Baca juga: PaintPro luncurkan varian MAX Interior dan ProTech Waterproofing+

Adapun terakota klasik adalah warna tanah liat atau batu bata yang dibakar. Terakota klasik mengusung nuansa merah bata dengan sedikit kecoklatan yang cocok diaplikasikan di atap karena menyerupai kelir genteng.

Masing-masing warna dikemas dalam ukuran 4 liter dan 20 liter. Untuk setiap 1 liter direkomendasikan untuk bidang seluas 1 m persegi (dua lapis).

Selain itu produk cat pelapis penolak panas dan anti bocor ini juga telah mendapatkan sertifikat Green Label dari Singapore Environment Council (SEC) yang menunjukkan bahwa produk ini lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Kiat memilih warna cat rumah berdasarkan maknanya

Baca juga: Pemilihan cat dinding bisa pengaruhi kesehatan

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024