Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Ekuador, Felix Sanchez dipecat setelah timnya disingkirkan timnas Argentina pada babak perempat final di Copa America 2024 yang berlangsung di NRG Stadion, Houston, Jumat pagi WIB.

Ekuador tersingkir usai kalah dari Argentina dalam babak adu penalti, 4-2 setelah menahan imbang 1-1 pada babak normal pertandingan.

"FEF (Federasi Sepak Bola Ekuador) menginformasikan bahwa hari ini telah disepakati pemutusan hubungan kontrak dengan Felix Sanchez Bas telah disepakati. Kami berterima kasih kepada Felix dan staf pelatihnya atas pekerjaan dan profesionalisme mereka, dan kami berharap mereka sukses dalam proyek masa depan mereka," tulis Federasi Sepak Bola Ekuador dikutip dari laman AFP, Jumat.

Baca juga: Ekuador lolos ke perempat final setelah imbangi Meksiko 0-0

Baca juga: Argentina melaju ke semifinal usai atasi Ekuador lewat adu penalti 4-2


Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut ditunjuk sebagai juru taktik dari Moises Caicedo dan kawan-kawan pada 11 Maret 2023 dengan durasi kontrak selama empat tahun. Bersama dengan Ekuador, Felix Sanchez telah melakoni 19 pertandingan dengan hasil sepuluh kali kemenangan, empat kali seri dan lima kali kekalahan dengan persentase kemenangan 52,6 persen.

Mantan pelatih timnas Qatar tersebut dianggap gagal membawa Ekuador untuk bisa tampil membaik di masa kepelatihannya setelah hanya mampu menempatkan La Tricolor di posisi kelima klasemen sementara pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Kekalahan dari Argentina juga memperpanjang rekor buruk dari La Tri yang terakhir kali mampu melaju ke babak semifinal Copa America pada edisi tahun 1993. Selebihnya prestasi terbaik dari Ekuador hanya mampu mencapai babak perempat final yang terjadi pada edisi tahun 1997, 2016, 2021 dan 2024.

Baca juga: Meski gagal eksekusi penalti, Scaloni tetap sanjung penampilan Messi

Baca juga: Emi Martinez sebut telah sering jalani sesi latihan penalti

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024