Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) mengajak warga setempat untuk menanam jagung pulut di lahan pertanian terbatas sebagai upaya untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah itu.

"Antara lain melalui lomba tanam jagung itu di Farm Wali Kota Jakut untuk menciptakan ketahanan pangan," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan ada enam lokasi dari enam kecamatan se-Jakarta Utara yang secara langsung menanam komoditas itu.

Yakni, Taman Hati PKK Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Urban Farming RT 002/007 PIK, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan.

Kemudian, Gedung Tjetje Rahman RT 006/003 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Taman Jampea Kelurahan Koja, Kecamatan Koja.

Baca juga: DKI perkuat ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian perkotaan

Selanjutnya, SMPN 270 RT 06/RW 01 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading dan Urban Farming Dipo RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat menanam jagung yang manfaatnya sangat banyak bagi semua masyarakat.

"Lomba Tanam Jagung Pulut serentak se-Jakarta Utara agar dapat mewujudkan ketahanan pangan keluarga di wilayah ini," kata dia.

Menurut dia, selain sebagai sumber makanan, jagung pulut juga memiliki manfaat kesehatan jika ditanam masyarakat dan dikonsumsi rutin.

"Jagung pulut dapat memberikan manfaat banyak bagi kesehatan, di antaranya seperti untuk kesehatan jantung, mencegah kanker, serta mengontrol tekanan darah," kata dia.

Baca juga: DKI manfaatkan "urban farming" jadi alternatif ketahanan pangan

Dirinya mengapresiasi PT Eest West Speed Indonesia atau Panah Merah yang telah berpartisipasi menciptakan ketahanan pangan di Jakarta Utara.

Dirinya berharap sinergi dengan berbagai pihak, baik BUMN, BUMD maupun swasta untuk menghidupkan lingkungan, menciptakan lahan hijau ini tidak berhenti sampai di sini saja.

"Semoga jagung-jagung yang ditanam ini dapat menjadi alternatif pangan pokok jika terjadi kelangkaan beras," kata dia.

Informasi yang dikumpulkan ANTARA menyebutkan, jagung pulut atau jagung ketan (waxy corn) adalah salah satu jenis jagung yang ada di Indonesia.

Jagung ini banyak ditanam dan dikonsumsi di daerah timur Indonesia. Rasanya yang gurih dan pulen membuat jagung ini banyak diolah menjadi aneka pangan olahan.

Baca juga: Kepulauan Seribu jadi lumbung pangan pada 2025

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2024