Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menyambut kedatangan sebanyak 438 haji di daerah asal setelah menjalankan serangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

Asisten III Pemkab OKU Timur Sutrisno di Martapura, Jumat mengatakan bahwa kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 10 Embarkasi Palembang Tahun 1445 H telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada 4 Juli 2024 pukul 17.55 WIB.

Rombongan haji Kabupaten OKU Timur ini terbang menggunakan maskapai Saudi Airlines yang lepas landas dari Bandar Udara Medina Prince Mohammad bin Abdul Aziz pada 3 Juli 2024 pukul 22.00 waktu setempat.

"Selamat datang kembali kepada jamaah di OKU Timur setelah menyempurnakan rukun Islam dengan menjalankan ibadah haji di Makkah," kata Sutrisno.

Baca juga: Menko PMK puji pelaksanaan haji yang alami banyak perbaikan

Ia berharap ibadah haji yang dijalankan oleh  jamaah diterima oleh Allah dan menjadi haji yang mabrur serta mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

"Semoga jamaah semua menjadi haji yang mabrur dan dapat menjaga kemabrurannya, iman dan taqwa semakin meningkat serta bisa membimbing masyarakat untuk jauh lebih baik lagi," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan duka mendalam kepada keluarga jamaah haji Kabupaten OKU Timur yang meninggal di tanah duci.

"Atas nama pribadi saya turut belasungkawa atas meninggalnya dua haji OKU Timur. Mari kita doakan bersama semoga almarhum meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKU Timur, Sukran dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah jamaah haji Kabupaten OKU Timur yang tergabung dalam Kloter 10 telah tiba di daerah asal sebanyak 438 orang, termasuk lima petugas kloter.

"Total jamaah haji waktu keberangkatan sebanyak 441 orang, namun  dua orang di antaranya meninggal dunia di tanah suci dan satu jamaah lagi harus dirawat di salah satu rumah sakit di Madinah," ujarnya.

Baca juga: Haji asal Embarkasi UPG yang wafat di Arab Saudi menjadi 30 orang

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024