Jakarta (ANTARA) - Asam lambung naik dipengaruhi oleh pola dan kebiasaan makan yang tidak teratur dan kurang sehat sehingga menyebabkan penyakit kambuh.

Makanan yang kurang sehat, pedas, berlemak, asam atau berkarbornasi bisa merangsang produksi asam pada lambung meningkat. Agar tidak kambuh, penderita gangguan pencernaan tersebut sebaiknya memerhatikan asupan makanan sehari-hari.

Yuk, cari tahu apa saja pilihan buah dan makanan yang ramah bagi penderita asam lambung.

1. Apel merah

Buah ini direkomendasikan bagi penderita asam lambung karena memiliki zat gizi tinggi yang bisa membantu meredakan gejala, apalagi apel merah yang matang.

Pada sebutir apel, biasanya terkandung magnesium, kalsium, serat dan kalium yang baik bagi tubuh. Untuk memaksimalkan manfaat apel, konsumsi buat tersebut setelah makan.

2. Pisang

Pisang mengandung pH 5,6, mendekati pH netral, yang bisa membantu menangani gejala asam lambung. Selain memiliki pH, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai camilan yang lezat.

3. Herbal

Sejumlah tanaman herbal diyakini bisa membantu meredakan gejala, misalnya jahe yang bersifat antiperadangan dan bisa meredakan mual, serta lidah buaya yang bisa melindungi dinding lambung dan membantu meredakan peradangan.

4. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan yang dapat membantu meredakan gejala karena banyak mendandung mineral. vitamin dan antioksidan.

Selain asam lambung, mengonsumsi oatmeal juga memiliki nilai plus seperti membantu seseorang menjaga berat badan, mengurangi kolesterol dan gula darah sampai mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Daging tanpa lemak dan ikan segar

Dua bahan makanan itu bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus dan direbus supaya rendah lemak. Daging dan ikan segar aman dikonsumsi selama tidak melebihi batas wajar.

6. Sayuran hijau dan buah

Penderita asam lambung disarankan tidak mengonsumsi makanan yang berlemak dan terlalu manis. Sayuran hijau dan buah bisa menjadi pilihan yang baik karena tidak mengandung lemak, namun, kaya akan serat.

Pilih sayuran hijau yang kaya serat seperti bayam, selada dan kacang panjang.

Sebelum mengonsumsi sayur dan buah, ada baiknya mencari tahu karena ada sejumlah buah tidak disarankan, misalnya buah yang masam.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024