Jakarta (ANTARA News) - Ingin menjadi pemimpin yang mujarab mustajab bagi perusahaan agar membawa manfaat sebanyak-banyaknya bagi karyawan? Silakan menyaksikan tayangan akbar laga Arsenal versus Manchester United (MU) pada pekan ketiga Februari 2014.

Setelah menyediakan waktu, silakan Anda para elite perusahaan mengetahui dan memahami dulu ada apa di balik duel itu dengan menggunakan sebaik mungkin akal budi. Ya, menggunakan akal budi, bukan okol, apalagi hubungan pertemanan.

Dengan meniti akal budi yang dapat dipertanggungjawabkan secara lugas bernas, maka pertarungan antara Manchester United yang berjuluk skuad Setan Merah melawan Arsenal merupakan tarung dari dua skuad yang sedang menghadapi drama ujung duka.

Duka, karena MU di bawah arahan David Moyes, mengenyam tujuh kekalahan dari 13 laga yang dihelat di Old Trafford musim ini. Kegagalan ketujuh ketika ditahan imbang 2-2 oleh Fulham, Minggu (9/2).

Secara matematis, juara bertahan Liga Inggris (Premier League) musim lalu itu menunda mimpi untuk masuk ke gerbang zona Liga Champions musim depan.

MU kini terpaut sembilan poin di bawah Liverpool yang mencuat di peringkat keempat dengan meraup nilai 50 poin dalam klasemen Liga Inggris pekan ini.

Sementara Arsenal baru saja dihajar Liverpool dengan skor 1-5 dalam pertandingan yang diadakan di Stadion Anfield pada Sabtu (8/2). Ketika mengomentari kekalahan telak itu, manajer Arsenal, Arsene Wenger menyatakan, "Secara defensif, hari ini kami tampil sangat buruk. Liverpool mengambil keuntungan dari kondisi itu."

Nah, sebagai "pemimpin perusahaan" bernama Arsenal, pelatih asal Prancis itu mengamini bahwa kekeliruan mengambil keputusan utamanya akibat ketidaktahuan yang dapat dirunut dari minimnya daya perusahaan menciptakan produk-produk baru yang berkualitas, bukan justru menambah produk yang berkuantitas.

Pakem yang mendahulukan produk berkualitas dari sentuhan para pemain sarat pengalaman kiranya juga berlaku ketika digelar laga West Bromwich Albion (WBA) melawan Chelsea yang digelar di Stadion Hawthorns pada Selasa (11/2), atau Rabu dini hari WIB.

Arsitek Chelsea, Jose Mourinho menerapkan dogma semesta bahwa "Jika Anda ingin mengubah sejumlah kondisi, maka Anda harus mengubah lebih dulu pola pikir. Beranilah berpikir, buang jauh-jauh kecenderungan membeo kepada apa yang terasa nikmat memikat."

Dogma Mourinho bertuah. Buktinya, Eden Hazard mencetak hattrick ke gawang Newcastle. Hazard mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak The Blues. Dan pemain itu berpeluang menambah pundi-pundi golnya saat menjalani laga tandang melawan WBA.

Capaian itu bukan pepesan kosong, apalagi pencitraan atau tebar pesona, melainkan bakal mengokohkan posisi Frank Lampard dan kawan-kawan puncak di klasemen Liga Inggris.

Tuah bernalar, berpikir dan bertindak yang sehat agaknya perlu terus dimiliki dan dikembangkan oleh seluruh penggawa Timnas U-19. Pada Jumat (14/2) ini, Timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri akan diuji oleh PSIS Semarang dalam laga berlabel Tur Nusantara.

Kemenangan demi kemenangan dipetik oleh Evan Dimas dan kawan-kawan. Jika ditotal sejak Piala AFF U-19 2013 hingga Tur Nusantara kemarin, Timnas U-19 sudah sembilan kali meraih kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Sat-satunya kekalahan Timnas U-19 diterima dari Vietnam U-19 di laga ketiga fase grup Piala AFF U-19, pada 14 September 2013.

Torehan kemenangan dari skuad asuhan Indra Sjafri itu diraih karena para pemain digenjot dengan porsi latihan bertahap dari mental, fisik dan taktik agar menjadi pemain pemberani, bukan pemain yang suka mencari dan memanfaatkan angin keberuntungan.

Skuad Timnans U-19 menghidupi karakter bahwa pikiran positif menghancurkan pikirian negatif, karena hasil yang kemudian didapat akan sama efektifnya seperti cahaya menghalau kegelapan.

Nah, silakan Anda menggunakan akal budi, bukan okol, apalagi hubungan pertemanan, untuk menyaksikan tayangan sepak bola mancanegara, Indonesia Super League (ISL) dan Tur Nusantara  yang digelar pada 12 sampai dengan 16 Februari 2014:

Rabu, 12 Februari 2014:     
ISL:
Persik vs Persib, pukul 19.00 WIB, MNC TV

Premier League:
Hull City vs Southampton, pukul 02.45 WIB, Orange TV, beIN Sport
Cardiff vs Aston Villa, pukul 02.45 WIB, Orange TV, beIN Sport
West Brom vs Chelsea, pukul 02.45 WIB, Orange TV, beIN Sport

Kamis, 13 Februari 2014:
Premier League:
Arsenal vs Manchester United, pukul 02.45 WIB, SCTV
Manchester City vs Sunderland, pukul 02.45 WIB, Orange TV, beIN Sport
Fulham vs Liverpool, pukul 02.45 WIB, Orange TV, beIN Sport

ISL:
Persita vs Arema, pukul 15.30 WIB, MNC TV

Jumat, 14 Februari 2014:
Tur Nusantara:
PSIS vs Timnas U-19, pukul 20.30 WIB, SCTV

ISL:
Pusam vs Persipura, pukul 15.30 WIB, Global TV

Sabtu, 15 Februari 2014:
Bundesliga:
Mainz vs Hannover, pukul 02.45 WIB, Telkomvision
Bayern Muenchen vs Freiburg, pukul 21.30 WIB, Telkomvision

Minggu, 16 Februari 2014:
ISL:
Persib vs Semen Padang, pukul 15.30 WIB, RCTI
Arema vs Barito Putera, pukul 19.00 WIB, RCTI

Bundesliga:
Leverkusen vs Schalke, pukul 00.30 WIB, Telkomvision
Augsburg vs Nuernberg, pukul 21.30 WIB, Telkomvision
Hertha vs Wolfsburg, pukul 23.30 WIB, Telkomvision    

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014