Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA berkomitmen mengawal transformasi Yayasan BUMN dalam merespons tantangan isu masa depan di bidang kesehatan dan lingkungan hijau.

Pernyataan itu dikemukakan Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir saat menghadiri agenda Relaunching Yayasan BUMN di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat sore.

"Yayasan BUMN terbukti melakukan banyak aksi dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat Indonesia, khususnya saat pandemi COVID-19. Yayasan BUMN telah berperan, sehingga aksinya ini sebuah kebanggaan besar dari kami sebagai bagian keluarga besar BUMN," katanya.

LKBN ANTARA dengan reputasinya sebagai salah satu kantor berita terbesar di Asia, kata Akhmad Munir, mengambil peran sebagai media partner dalam mengawal transformasi Yayasan BUMN memberi pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat.

Baca juga: Erick Thohir arahkan Yayasan BUMN bertransformasi pada isu masa depan

Transformasi Yayasan BUMN yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir pada hari ini, diarahkan pada peran perusahaan BUMN dalam merespons isu kesehatan serta lingkungan hijau di masa depan.

Isu seputar kesehatan meliputi dampak malnutrisi pada ibu yang menyumbang sekitar 6,3 juta kasus stunting pada anak di Indonesia.

Yayasan BUMN juga menyoroti isu kesehatan mental, di mana 61 persen remaja di Indonesia mengalami pemikiran untuk bunuh diri. Hanya 10,4 persen yang menerima perawatan.

Pada isu lingkungan hijau, Yayasan BUMN mendorong manajemen pangan pada sistem pertanian yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menekan angka penggunaan pestisida yang dilaporkan mencapai 283 kiloton pada 2021.

Salah satu upayanya, dengan memanfaatkan agroekologi untuk sistem pangan yang berkelanjutan, aman, dan inklusif, serta pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.

"Kami akan terus memberi dukungan bagi kegiatan dari Yayasan BUMN ini. Kantor berita punya core business memproduksi dan mendistribusikan informasi yang ada di masyarakat," katanya.

Baca juga: Kementerian BUMN: UMKM tumbuh turut dorong perekonomian Indonesia

Dalam kesempatan itu, Akhmad Munir berharap peran distribusi informasi LKBN ANTARA dapat membangkitkan sumbangsih sosial seluruh lapisan masyarakat, khususnya kaum muda.

"Harapan saya dari kegiatan ini dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, khususnya kaum muda milenial yang saat ini banyak berperan, apalagi ini aksi sosial masyarakat," katanya.

Baca juga: Yayasan BUMN sumbang alat kesehatan untuk Pemprov Sumbar

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024