Tangerang Selatan (ANTARA) - Tokopedia menggelar kampanye Tokopedia Coffee Fest yang memungkinkan masyarakat untuk membeli ragam produk kopi serta menggandeng sejumlah pelaku usaha kopi lokal dari berbagai daerah guna mendukung industri kopi di Indonesia.

"Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk penjual kopi, gencar memacu industri pengolahan kopi agar bisa lebih berdaya saing lewat berbagai inisiatif, salah satunya melalui Tokopedia Coffee Fest," kata Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia Aditia Grasio Nelwan saat ditemui dalam acara bincang-bincang di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih menarik, kampanye Tokopedia Coffee Fest juga menghadirkan deretan kegiatan daring dan luring yang dapat diikuti masyarakat sepanjang kampanye berlangsung.

Misalnya, Tokopedia bersama beberapa pelaku usaha kopi meluncurkan berbagai jenis blend kopi yang dijuluki Tokopedia Coffee Blend, sehingga masyarakat dapat menikmati menu kopi sesuai ciri khas masing-masing penjual kopi tersebut.

Baca juga: UMKM buka peluang pasar nasional lewat fitur "Dilayani Tokopedia"

Baca juga: Primadona selama pandemi: kopi literan, tteokbokki & pisang goreng


Tokopedia juga menghadirkan ragam kegiatan lainnya, seperti cupping session, cafe hopping, dan kompetisi latte art yang diadakan bersama Dua Coffee.

“Melalui dukungan terhadap kegiatan kompetisi latte art bersama Dua Coffee, Tokopedia berharap bisa mendorong potensi talenta dalam menunjukkan kemampuan mereka sebagai barista sekaligus mendukung geliat industri kopi lokal,” kata Aditia.

Untuk mendukung para UMKM lokal di Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menggencarkan inisiatif Beli Lokal. Hal ini untuk mempermudah masyarakat membeli berbagai produk lokal, termasuk kopi buatan UMKM lokal secara daring.

Selain itu, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia NYAM! untuk membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman, termasuk kopi. Di fitur tersebut, konsumen dapat menemukan ragam produk perlengkapan untuk membuat kopi, seperti mesin kopi, filter kopi, mixer foam, dan lainnya.

Terakhir, Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan pemerintah Kabupaten Lahat. Kolaborasi tersebut menghadirkan program 'Pelatihan Pasca Panen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat.

Dengan dukungan dari hulu ke hilir, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap program pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para petani kopi di Lahat. Hal ini dilakukan agar mereka menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Baca juga: Initial Coffee Roaster hidupkan ribuan petani kopi lokal

Baca juga: Fenomena pegawai kota besar banting setir jadi petani di desa

Baca juga: Komunitas manfaatkan lapak populer kampanyekan industri kopi lokal

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024