Padang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Dispar Sumbar) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Road to World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2025.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Padang, Jumat, mengatakan, agenda itu menjadi langkah awal persiapan WIES 2025 yang dijadwalkan berlangsung di Sumbar pada pertengahan 2025.

"WIES 2025 diharapkan menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Ia mengatakan WIES adalah wadah yang mempertemukan para pengusaha muslim dari 24 negara di dunia untuk saling bertukar informasi, membuka peluang-peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru.

Selain itu, kegiatan yang diinisiasi oleh Pemprov Sumbar ini juga menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat citra Sumbar sebagai salah satu titik pengembangan ekosistem wirausaha halal di dunia.

“Sumbar telah memiliki citra yang kuat sebagai destinasi wisata halal di Indonesia bahkan dunia. WIES 2025 akan digelar untuk memperkuat ekosistem bisnis dunia, jaringan pariwisata, dan pengembangan UMKM halal,” katanya.

Luhur mengajak seluruh pihak, termasuk pemerintah, pebisnis, Gen-Z, pelaku ekraf, UMKM, dan masyarakat, untuk mendukung kesuksesan agenda internasional tersebut.

“Kami harap WIES tetap menjadi agenda bermanfaat bagi stakeholder dan branding Sumbar dengan sejarah dagang dan pariwisatanya,” katanya.

Road to WIES 2025 mengangkat tema masjid sebagai pusat pemberdayaan wirausaha dan inovasi. Untuk membahas tema tersebut lima orang pembicara dihadirkan pada Minggu (7/7) di Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Luhur mengatakan Menparekraf Sandiaga Uno akan membuka acara sebagai Keynote Speaker. Para pembicara lainnya, Presiden Director MFB and Co. Company Prof Mohammad Fida Bahjat dari Arab Saudi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Program Manager Halal Industry Development Departmen of Trade and Industry Filipina Aleem Siddiqui Guiapal, COO dan Co-Founder Incitement Zikry Kholil dari Malaysia, dan Ketua Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Prof Nasaruddin Umar MA.

WIES merupakan gagasan yang digagas oleh Menparekraf pada April 2022 bersama Pemprov Sumbar.

Road to WIES 2025 digelar bertepatan dengan peringatan 1 Muharam 1446 Hijriah atau 7 Juli 2024. Pada saat bersamaan juga diresmikan nama Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Baca juga: Dispar : Aksesibilitas faktor penting kembangkan pariwisata Sumbar
Baca juga: Dispar: Tambang Ombilin Sawahlunto daya tarik wisata budaya Sumbar
Baca juga: Dispar Sumbar simulasikan kunjungan wisatawan era "new normal"

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024