Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang salah satu arena di Kabupaten Karo merupakan bagian dari sport tourism.

"Saya ikut merangkai kegiatan ini agar dua cabang olahraga (catur dan sepeda gunung) yang hadir di Kabupaten Karo dapat dikemas sebagai sport tourism," ujar Sandiaga di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat.

Dia melanjutkan dengan adanya ajang nasional ini, tentunya menjadi momentum sebagai meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Karo.

Konsep ini dibuat karena wilayah ini memiliki alam yang indah dengan memiliki pegunungan, sungai, pemandian air panas, budayanya.

Selain alam yang indah, menurut Sandiaga, Karo juga sangat terkenal dengan buah-buah yang berkualitas bagus seperti jeruk, salak, buah naga, alpukat dan lainnya.

"Selain peningkatan prestasi, juga ajang ini akan ada berdampak bagi masyarakat," ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara memanfaatkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 untuk meningkatkan aktivitas pariwisata dan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pria berusia 54 tahun itu melanjutkan, untuk pariwisata, pihaknya menargetkan adanya peningkatan 25 persen kedatangan wisatawan ke objek-objek wisata andalan Sumut dan Aceh.

Terkait pariwisata saat PON 2024, Menparekraf Sandiaga Uno memang mendapatkan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo.

Presiden memberikan instruksi tersebut demi menggeliatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat.

Baca juga: Ekonom: Acara "sport tourism" ideal untuk promosikan pariwisata Sumut
Baca juga: Pemprov: Trail of The Kings menambah agenda "sport tourism" Sumut

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024