Jakarta (ANTARA) - Yayasan BUMN mengalokasikan dana hibah senilai total Rp3 miliar untuk memacu solusi inovasi bagi tantangan sosial, lingkungan, dan ekonomi masa depan di Indonesia.

Dana hibah tersebut ditawarkan melalui agenda peluncuran Grant Competition bertajuk "Pikiran Terbaik Negeri" oleh Menteri BUMN Erick Thohir, di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat.

"Transformasi ini kita lakukan tiga program, yakni research, grant, dan impactfull yang lebih luas lagi," kata Erick Thohir dalam pidato sambutannya.

Ia mengatakan, "Pikiran Terbaik Negeri" menjadi salah satu dari program transformasi Yayasan BUMN dalam bentuk hibah untuk memberdayakan gagasan terbaik Indonesia melalui kompetisi untuk inovasi sosial.

Baca juga: Erick: Kiprah sosial era pandemi bekal Yayasan BUMN bertransformasi

Program tersebut dijalankan Yayasan BUMN bekerja sama dengan organisasi ANGIN sebagai mitra penyelenggara program yang telah berpengalaman dalam membantu pengembangan wirausaha di Indonesia.

Dalam keterangan resmi Yayasan BUMN, organisasi ANGIN telah menjembatani investasi di Indonesia bernilai 30 juta dolar AS dari ratusan instansi maupun investor asing dalam satu dekade terakhir.

Fokus topik "Pikiran Terbaik Negeri" adalah mencari usaha sosial yang berkomitmen untuk mengatasi isu yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Isu yang dimaksud berupa pengentasan kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, energi bersih dan terjangkau, dan penanganan perubahan iklim.

Baca juga: Erick Thohir arahkan Yayasan BUMN bertransformasi pada isu masa depan

Yayasan BUMN mengalokasikan dana hibah senilai Rp3 miliar lebih untuk pemenang kompetisi tersebut. Selain itu, para finalis berhak memperoleh akses ke jaringan yang strategis, eksposure di tingkat nasional, pembelajaran insentif dan hibah.

Program yang bergulir selama 5-21 Juli 2024 itu mencari 20 usaha sosial dengan solusi yang inovatif untuk diberi dukungan melalui program "Pikiran Terbaik Negeri" dalam menciptakan dampak berkelanjutan di seluruh wilayah di Indonesia.

Yayasan BUMN adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan untuk mendukung berbagai inisiatif kesehatan dan lingkungan di Indonesia.

Baca juga: Yayasan BUMN berikan bantuan alat kesehatan senilai Rp5,2 miliar

Melalui berbagai program dan inisiatifnya, Yayasan BUMN berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024