Jakarta (ANTARA) - Dua kapal perang Republik Indonesia dari Komando Armada I yaitu KRI Kerambit-627 dan KRI Pulau Rangsang-727 berlatih bersama di sela-sela tugas operasi di perairan Bengkalis, Provinsi Riau, Jumat.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan latihan itu bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit dan menguji kemampuan KRI dalam melaksanakan tugas operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

“Rangkaian latihan yang dilakukan meliputi VBSS (vessel board, search and seizure), melewati medan ranjau, manuver taktis, flaghoist (komunikasi antarkapal menggunakan isyarat bendera), RAS approach, dan FlashEx,” kata Kadispen Koarmada I.

FlashEx atau flashing exercise merupakan latihan komunikasi antarkapal menggunakan isyarat cahaya dalam bentuk kode morse, sementara replenishment at sea (RAS) approach merupakan latihan menjalankan prosedur mengisi perbekalan atau bahan bakar dari satu kapal ke kapal lainnya di tengah laut. Kemudian, VBSS merupakan rangkaian kegiatan menghalau dan menggeledah kapal yang dianggap mencurigakan.

KRI Kerambit-627 dari Satuan Kapal Cepat Koarmada I saat ini menjalankan tugas operasi di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, sementara KRI Pulau Rangsang-727 dari Satuan Kapal Ranjau Koarmada I saat ini BKO untuk menjalankan operasi di bawah kendali Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI.

Perairan di sekitar Bengkalis, Riau, yang menjadi tempat latihan dua kapal itu,menghadap langsung ke arah Selat Malaka yang juga berbatasan dengan perairan Malaysia.

Kapal-kapal yang bernaung di bawah kendali Koarmada I rutin menggelar latihan bersama terutama saat mereka berlayar di daerah operasi yang sama.

KRI Kerambit-627 pada bulan lalu (19/6) juga berlatih bersama KRI Torani-860 saat keduanya bertemu di perairan utara Tanjung Jamboaye, Aceh. KRI Torani-860 saat ini menjalankan tugas operasi di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I.

Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto dalam siaran resminya menjelaskan latihan bersama antarpengawak kapal perang rutin digelar untuk mengasah kemampuan tepur para prajurit terutama dalam menghadapi peperangan laut.

Dia melanjutkan latihan itu juga tindak lanjut dari perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi yang memerintahkan jajarannya untuk terus meningkatkan profesionalisme kerja, dan memperkuat kesiapan operasional alutsista dan satuan operasi.
Baca juga: KRI Kerambit latihan bersama kapal perang India di Selat Malaka
Baca juga: Dua kapal perang Koarmada I latihan manuver di Selat Malaka
Baca juga: KRI Kerambit-627 tangkap kapal ikan Vietnam di laut Natuna Utara

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024