Lombok, NTB (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyiapkan ajang balap mobil radical sprint guna mengoptimalkan pemanfaatan Sirkuit Internasional Mandalika untuk kegiatan kompetisi olahraga.

"Pada Oktober mendatang kami akan luncurkan ajang balap Radical Sprint Indonesia untuk roda empat," ujar Direktur Utama MPGA Priandhi Satria ketika ditemui awak media pada ajang Shell Eco-marathon and the Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Jumat.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan pemanfaatan Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk ajang kompetisi olahraga.

MGPA telah memiliki ajang balap motor yang dikreasikan sendiri, yaitu Mandalika Racing Series (MRS) yang digelar secara rutin.

Selanjutnya, akan ada tambahan ajang dari MGPA yaitu balap mobil radical sprint yang menambah marak acara di sirkuit andalan Indonesia itu.

Satria menjelaskan, sejauh ini, Sirkuit Mandalika sudah dimanfaatkan untuk berbagai kompetisi termasuk ajang balapan dunia MotoGP dan World Super Bike Championship (WSBK) yang diamanatkan pemerintah.

Baca juga: MGPA adopsi tata kelola keselamatan dari Shell Eco-marathon

Selain itu, ada ajang Indonesia Racing Road Championship (IRRC), Yamaha Sunday Race, Porsche Sprint Challenge, kemudian dari Ferrari Asia, Ducati Asia, dan lainnya.

Ia mengatakan, seiring berjalan berbagai acara, upaya perbaikan berbagai aspek terus termasuk kenyamanan dan keselamatan dilakukan agar Sirkuit Internasional Mandalika semakin baik untuk menggelar berbagai ajang.

"Perbaikan-perbaikan menurut saya adalah mandatori agar sirkuit ini semakin baik ke depan," ujarnya.

Saat ini Sirkuit Internasional Mandalika sedang melayani penyelenggaraan ajang kompetisi inovasi mobil hemat energi Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 yang berlangsung selama 2-6 Juli.

Kompetisi itu diikuti 78 tim mahasiswa dari 12 negara yang beradu kemampuan mengembangkan mobil untuk dua kategori yaitu prototype dan urban concept. 

Baca juga: Sudah 44 tim lolos inspeksi Shell Eco-marathon di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024