Jakarta (ANTARA) - Direktur Diplomasi Publik Direktorat Jenderal dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Ani Nigeriawati menilai bahwa toleransi dan moderasi beragama merupakan kekuatan yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Karena nilai-nilai toleransi beragama, moderasi beragama, itu merupakan kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang belum tentu dimiliki oleh negara-negara lain,” kata Ani dalam konferensi pers yang diadakan oleh Institut Leimena di Jakarta, Jumat.

Ani mengatakan bahwa hal-hal yang sudah dipraktikkan di Indonesia saat ini dalam membangun kehidupan yang harmonis antar umat beragama menjadi satu hal yang sering kali menjadi referensi negara-negara mitra Indonesia.

“Kita dilihat oleh banyak negara, kita mampu memimpin di dalam konteks tersebut, dengan apa yang sudah kita lakukan, dan bagaimana kita melibatkan unsur-unsur non-pemerintah,” jelas Ani tentang membangun keharmonisan antar umat beragama di Indonesia.

Karena itulah, Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Institut Leimena untuk menyelenggarakan Konferensi Internasional Literasi Keagamaan Lintas Budaya (LKLB) pada 10-11 Juli 2024 di Jakarta dengan tema “Multi-faith Collaborations in an Inclusive Society”.

Konferensi tersebut berfokus pada pemahaman akan kolaborasi multi agama dimana orang-orang dari berbagai agama dan kepercayaan bisa saling belajar dan bekerja sama, dengan tetap mengakui dan menghormati perbedaan agama dan kepercayaan mereka, dalam mengatasi masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama.

Selain itu, Ani juga menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kementerian Agama akan menyelenggarakan Dialog Lintas Agama ke-8 antara Indonesia dan Austria di Bandung pada 8-9 Juli 2024.

Ani menyebutkan bahwa delegasi Austria akan berkunjung ke Mesjid Istiqlal dan melaksanakan konser musik orgel di Gereja Katedral Jakarta sebelum berpartisipasi dalam dialog tersebut.

Pihak Kemlu juga akan mengajak delegasi Austria tersebut untuk berkunjung ke kampung moderasi beragama di kawasan Bandung Wetan untuk bertemu dengan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Mereka juga akan mengajak delegasi Austria tersebut untuk berdiskusi dengan para pemuda dari berbagai macam agama sekaligus juga memiliki keahlian di berbagai macam bidang di Indonesia, agar bisa melihat langsung para pemuda yang berbeda agama dan budaya tersebut bisa bersatu untuk membangun komunitas yang kuat di Indonesia.

Baca juga: MUI dorong toleransi beragama selama tidak berkaitan dengan akidah
Baca juga: Pemuda lintas agama bantu pengamanan Idul Fitri di Ophir Pasaman Barat
Baca juga: Kegiatan lintas agama pupuk semangat perdamaian dan literasi generasi Z


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024