Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo meyakini Adian Napitupulu, Ganjar Pranowo, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mampu meningkatkan kinerja kepengurusan baru Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Masuknya nama-nama seperti Ganjar, Ahok dan Adian diharapkan mampu meningkatkan kinerja PDIP, dalam mewujudkan program-program partai ke depan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikannya merespons Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang baru saja memimpin pengucapan sumpah janji jabatan pada pelantikan pengurus DPP PDI Perjuangan masa bakti 2019-2024 yang diperpanjang hingga tahun 2025 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat.

Sejumlah nama yang dilantik di antaranya, Adian Napitupulu sebagai Wakil Sekjen bidang Komunikasi, hingga Ganjar Pranowo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Ketua DPP PDIP.

Kata dia, penunjukan tersebut sudah melalui pelbagai pertimbangan yang matang dari Megawati Soekarnoputri. Selain itu, mereka dianggap mampu membantu kerja-kerja Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Menurut dia, dalam memilih pimpinan partai, tentunya Megawati mempertimbangkan aspek kualitas, kapabilitas, loyalitas dan integritas.

"Aspek kompetensi juga menjadi pertimbangan penting," ujarnya.

Dia lantas mencontohkan, misalnya Adian yang memiliki kemampuan mengorganisir aktivis pergerakan mahasiswa dan kelompok civil society ditempatkan untuk melakukan pendampingan hal-hal yang berkaitan langsung dengan kepentingan rakyat.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Ganjar Pranowo sebagai Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, serta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Ketua DPP Bidang Perekonomian. Kemudian, Adian Napitupulu sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Bidang Komunikasi.

Pelantikan itu berlangsung di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat.

Baca juga: Pengamat apresiasi masuknya Adian-Ahok pengurus PDIP, lihat susunannya

Baca juga: Megawati angkat Andi Widjajanto sebagai Kepala Badan di PDIP

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024