Jakarta (ANTARA) - Rata-rata ponsel yang beredar saat ini menggunakan layar sentuh atau touch screen. Jika fitur itu terganggu, maka sudah pasti pengguna akan kesulitan mengakses berbagai fitur pada ponsel, termasuk untuk mematikan HP.

Secara umum, ada beberapa sebab ponsel tidak bisa dimatikan. Misalnya, ponsel hang karena beban penggunaan yang berlebih, berkas sampah atau cache yang menumpuk, tombol power yang rusak, serta layar ponsel yang tak berfungsi.

Adapun faktor lain antara lain masalah sistem, virus atau malware, kesalahan aplikasi hingga kendala hardware. Jika ponsel Anda tidak bisa dimatikan, berikut beberapa cara mengatasinya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Melakukan isi ulang daya HP

Apabila ponsel tidak dapat dimatikan, cobalah untuk mengisi daya HP dengan rentang waktu tertentu. Jika baterai ponsel sudah terisi dengan daya yang cukup, kemungkinan ponsel tersebut sudah bisa dioperasikan kembali.

2. Restart 

Cobalah restart ponsel Anda secara manual dengan cara menekan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan selama kurang lebih sepuluh detik. Cara ini umumnya berhasil untuk me-restart dan mengembalikan kinerja ponsel seperti semula.

3. Safe Mode

Untuk mengaktifkan safe mode, Anda bisa menekan tombol daya di ponsel. Saat logo ponsel muncul, segeralah tekan dan tahan tombol volume turun di ponsel. 

Pastikan Anda terus menahan tombol itu hingga ponsel menyala dalam mode aman. Tanda jika Anda berhasil masuk ke mode tersebut adalah munculnya tulisan "mode aman" atau "safe mode" di bagian bawah layar.

Safe mode pada dasarnya bekerja dengan memanfaatkan software bawaan dari HP tersebut. Melalui Safe mode, Anda bisa menghapus aplikasi dan bug yang menjadi masalah dalam ponsel Anda.

Atasi HP tidak bisa dimatikan di sistem operasi iOS

1. Aktifkan Assistive Touch

Anda bisa mengaktifkannya dengan cara membuka pengaturan --> aksesibilitas --> sentuh --> AssistiveTouch, lalu hidupkan opsi AssistiveTouch.

2. Hard Reset

Saat ingin melakukan hard reset pastikan data telah dipindah atau backup di iCloud untuk mengantisipasi hilangnya data. Adapun cara hard reset sebagai berikut :

  • Lakukan berulang dengan menekan dan lepaskan tombol bagian volume up secara cepat.
  • Lakukan berulang dengan tekan dan lepaskan tombol pada bagian volume down secara cepat.
  • Lakukan bertahap pada bagian samping tombol ketika muncul logo Apple.
3. Pulihkan perangkat dari cadangan iCloud

Untuk memulihkan iOS menggunakan cadangan iCloud, Anda perlu masuk ke akun iCloud dengan ID Apple Anda kemudian pilih cadangan. 

Lihat tanggal dan ukuran dari setiap file cadangan, lalu pilih yang paling relevan. Setelah memilih cadangan, proses transfer akan dimulai.

Jika muncul pesan yang menyatakan bahwa diperlukan perangkat lunak versi yang lebih baru, ikuti langkah-langkah di layar untuk memperbarui. 

Pastikan Anda terhubung ke Wi-Fi. Jika koneksi terputus, proses transfer data akan dijeda sampai koneksi kembali tersambung.

Setelah proses transfer selesai, Anda bisa menuntaskan pengaturan awal dan ponsel Anda akan kembali beroperasi secara normal.


Baca juga: Mitos atau fakta, mengisi baterai semalaman sebabkan ponsel rusak?

Baca juga: Mudah rusak, Samsung Galaxy Fold versi "perbaikan" hadir September

Baca juga: Apple kembangkan teknologi cegah layar ponsel lipat rusak
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024