Jakarta (ANTARA) - Indonesian Port Corporation (IPC) anak usaha  Pelindo di bidang pengelolaan peti kemas memberikan pelatihan kepada generasi muda di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara agar memiliki kompetensi dan siap untuk bersaing di dunia kerja.

"Tahun ini ada 120 peserta yang mendaftarkan diri dan akan menjalani pelatihan selama tiga bulan dengan pilihan materi diantaranya digital marketing, desain grafis, dan operator komputer madya," kata Direktur Utama IPC Terminal Peti Kemas (TPK), Guna Mulyana di Jakarta, Selasa

Ia mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi warga lingkar satu Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut dia di era kompetisi saat ini, selain latar belakang pendidikan kompetensi pendukung sangat dibutuhkan untuk memenangkan persaingan di dunia kerja.

"Setelah kami  evaluasi atas pelatihan dan ujian kompetensi yang dilakukan tahun lalu, kami melihat program ini
memberi dampak pada peserta yang merupakan masyarakat terdekat dengan pelabuhan,” kata dia.

Ia mengatakan pelatihan dan sertifikasi menjadi kelanjutan dari program Joint CSR Pelindo Group yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 melibatkan lima anak usaha yang berkolaborasi untuk meningkatkan kompetensi anak-anak putus sekolah melalui pendidikan formal dan informal.

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya Pelindo Group menggandeng Organisasi Pemuda Muhammadiyah
Jakarta Utara sebagai penyelenggara kegiatan.

Pelaksanaan Program Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi di tahun 2022, sebanyak 80 peserta yang belum memiliki pekerjaan tetap, lulus ujian sertifikasi.

Setelah mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), beberapa peserta
telah mendapatkan pekerjaan baru dengan peningkatan pendapatan.

Di samping itu, ada juga peserta yang memiliki motivasi untuk memperkaya pengetahuan untuk menjadi pekerja lepas di bidang desain dan digital marketing PT IPC Terminal Petikemas.

Sementara Ketua Pemuda Muhammadiyah Jakarta Utara Rizki mengapresiasi konsistensi IPC TPK bersama PelindoGroup dalam mendukung upaya kami meningkatkan kompetensi generasi muda sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selain peningkatan pendapatan masyarakat, berkurangnya masalah sosial sangat kami rasakan. Semoga program serupa dapat terus di selenggarakan agar lebih banyak lagi peserta yang dapat merasakan manfaatnya," katanya.
Baca juga: Jaksel fasilitasi pelatihan satpam bagi para pencari kerja
Baca juga: Kasus data pelamar kerja dipakai untuk pinjol diusut polisi
Baca juga: AION dan PLN teken kerja sama bangun SPKLU di Jakarta

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024