Surabaya (ANTARA) - Khofifah Indar Parawansa mengajak umat Muslim untuk memaknai Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M sebagai momentum untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik, tidak hanya sebagai individu tapi juga sebagai makhluk sosial.
 
"Saya juga mengajak memperkuat solidaritas kemanusiaan dan persaudaraan antarmanusia serta persaudaraan sesama Muslim di seluruh dunia," kata Khofifah di Surabaya, Selasa.
 
Tahun baru Islam sendiri merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa ini tidak hanya menjadi awal kalender Hijriah, tetapi juga melambangkan awal dari sebuah perjuangan yang mengubah arah sejarah Islam.
 
"Ini adalah momentum untuk melakukan refleksi diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan meningkatkan kinerja dan produktivitas. Termasuk komitmen untuk meningkatkan hubungan dengan Allah SWT serta dengan sesama manusia," kata Khofifah.

Baca juga: Wapres: Hayati makna Tahun Baru Islam dengan tingkatkan iman dan takwa
Baca juga: Presiden: Sambut Tahun Baru Islam dengan tingkatkan takwa dan iman
 
Khofifah mengatakan ke depan tantangan zaman akan semakin kompleks. Baik di sektor ekonomi, kesehatan, lingkungan, sampai lunturnya nilai-nilai sosial, moral, dan budaya.
 
Untuk itu, tahun baru Islam menjadi momentum untuk memperkuat hubungan dengan sesama Muslim dan masyarakat lebih luas. Termasuk meningkatkan solidaritas, kepedulian, dan berkontribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat.
 
"Banyak persoalan di sekitar kita butuh solusi yang dilakukan melalui solidaritas yang kuat serta saling kolaborasi atau kerja bersama sama. Kemiskinan misalnya, perlu gerakan bersama untuk berzakat, sedekah atau saling tolong menolong antarsesama," katanya.
 
Tidak hanya itu, tahun baru Islam juga merupakan kesempatan untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan di seluruh dunia. Termasuk solidaritas untuk warga Palestina.
 
"Bagaimana umat manusia di seluruh dunia harus bersatu melindungi satu sama lain, memperkuat hubungan sosial, dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, utamanya untuk perlindungan kemanusiaan di Palestina," katanya.
 
"Perayaan tahun baru Islam ini juga dapat menjadi momen untuk menggalang semangat persaudaraan, saling membantu dalam kebaikan, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama," tambahnya.
 
Di akhir, Khofifah juga mengajak masyarakat untuk merayakan tahun baru Islam dengan memperbaiki akhlak, meningkatkan ibadah, dan mengamalkan nilai-nilai Islam yang penuh moderasi, toleransi, keadilan serta amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 2.500 warga Kotawaringin Timur ramaikan pawai taaruf Tahun Baru Islam
Baca juga: 4.000 santri ikuti Pawai Hijriah 1 Muharram di Banjar Kalsel
Baca juga: Pemkot Tangerang gelar Festival Al A'zhom, sambut Tahun Baru Islam

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024