Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak (pediastri) dari National Hospital Surabaya Dr dr Dian Pratamastuti Sp A menginformasikan manfaat bayi memperoleh kolostrum langsung di satu hari kehidupannya -- seperti putra Via Vallen -- yaitu kemampuan antibodi yang dahsyat.

"Kolostrum itu cairan ajaib dengan antibodi terdahsyat yang keluarnya hanya pada saat seorang ibu baru melahirkan," kata Dian saat konferensi pers daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa.

Dian mengatakan keberhasilan memperoleh kolostrum saat inisiasi menyusu dini (IMD) dilakukan dapat membantu bayi belajar menyusu dengan baik waktu pemberian ASI berikutnya.

Baca juga: Via Vallen lahirkan putranya lewat operasi caesar pemulihan cepat

Oleh karena itu, dokter tersebut pun menganjurkan agar kolostrum bisa langsung diberikan kepada bayi saat baru muncul setelah proses persalinan.

Berikut adalah manfaat kolostrum diberikan kepada bayi menurut dokter:

1. Mengandung imunoglobulin dan antioksidan yang berfungsi untuk memberikan imunitas pada bayi.

Baca juga: Kolostrum ternyata baik untuk kesehatan kulit

2. Membantu bayi mengeluarkan mekonium (tinja pertama) yang penting untuk membersihkan usus.

3. Membantu mencegah penyakit kuning pada bayi.

4. Mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ibu dan bayi.

Baca juga: Kiat menyusui "bebas drama" pada hari-hari awal si kecil

Penyanyi Via Vallen melahirkan putra bernama Muhammad Raiden Agam Radia Al-Arifin lewat metode persalinan operasi "caesar" pemulihan cepat (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery/ERACS) di Surabaya, Jawa Timur pada (7/7) pukul 7:17 WIB.

Bayi laki-laki yang dilahirkan oleh Via Vallen memiliki bobot 3.000 gram dan panjang 50 centimeter, lingkar kepala 34 centimeter, lingkar dada 32 centimeter, sehingga keadaannya normal.

Bayi Agam sudah memiliki rangsangan yang baik terhadap pemberian ASI selepas operasi, sementara sang ibu juga diperbolehkan untuk mendapat perawatan di rumah.

Baca juga: IDAI: Kontak fisik saat IMD tingkatkan keberhasilan ASI eksklusif

Baca juga: IMD seharusnya dilakukan lebih dari satu jam

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024