Washington (ANTARA) - Presiden AS Joe Biden menyampaikan komitmen kuat untuk tetap ikut pemilihan presiden dan menolak seruan Partai Demokrat agar mundur dari pencalonan presiden setelah penampilan debat yang buruk bulan lalu dengan mantan Presiden Donald Trump.

“Saya ingin Anda tahu bahwa terlepas dari semua spekulasi di media dan di tempat lain, saya berkomitmen kuat untuk tetap ikut persaingan ini dan menjalaninya sampai akhir serta mengalahkan Donald Trump,” tulis Biden dalam suratnya kepada Partai Demokrat di kongres, sebagaimana dikutip Anadolu, Selasa.

Surat itu mencuat di tengah seruan yang semakin meningkat agar Biden yang berusia 81 tahun mengakhiri upayanya untuk mencalonkan diri kembali karena kekhawatiran atas kemampuannya untuk mengamankan kemenangan bagi Partai Demokrat pada bulan November mendatang.

"Saya telah mendengar kekhawatiran masyarakat, ketakutan dan kekhawatiran mereka yang tulus tentang apa yang dipertaruhkan dalam pemilihan ini. Saya tidak buta terhadap mereka," ucap Biden.

Biden mengatakan bahwa dia merasa memiliki "kewajiban mendalam" terhadap kepercayaan dan keyakinan yang diberikan pemilih Partai Demokrat padanya untuk mencalonkan diri tahun ini.

“Para pemilih – dan hanya para pemilih – yang memutuskan calon dari Partai Demokrat. Bagaimana kita bisa memperjuangkan demokrasi di negara kita, jika kita mengabaikannya di partai kita sendiri? Saya tidak bisa melakukan itu," tambahnya. 

Lebih lanjut Biden mengatakan dia berterima kasih atas dukungan yang “kokoh dan teguh” dari begitu banyak anggota Partai Demokrat terpilih di Kongres dan di seluruh negeri.

“Saya dapat menanggapi semua ini dengan mengatakan secara jelas dan tegas: Saya tidak akan mencalonkan diri lagi jika saya tidak benar-benar yakin bahwa saya adalah orang terbaik yang bisa mengalahkan Donald Trump pada tahun 2024,” tambahnya.

Sumber : Anadolu

Baca juga: Biden tegaskan tetap ikuti pemilihan presiden AS lawan Trump
Baca juga: Gedung Putih tentang debat Biden: kami memahami kekhawatiran

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Primayanti
COPYRIGHT © ANTARA 2024