Makassar (ANTARA) - Sebanyak 449 haji dari 450 yang diberangkatkan ke Arab Saudi asal Provinsi Papua Barat dan tergabung dalam Kloter 20 UPG tiba di tanah air dan satu orang haji dalam rombongan itu wafat saat proses ibadah.

Kabid Pembekalan PPIH Debarkasi UPG, Fathurrahman di Makassar, Selasa, menyambut kedatangan rombongan jamaah haji tersebut usai menempuh perjalanan jauh dari Arab Saudi untuk kembali ke tanah air.

"Selamat datang kembali di tanah air jamaah haji. Banyak kisah yang dijalani jamaah haji selama menunaikan ibadah dan tentunya para petugas pendamping haji juga sangat banyak membantu khususnya bagi lansia," kata Fathurrahman pada seremonial serah terima jamaah haji di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Dia mengatakan rombongan untuk sementara waktu masih akan diistirahatkan di Wisma Bir Ali dan Wisma Jabal Uhud Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum melanjutkan perjalanan ke Papua Barat.

Baca juga: Gubernur PBD: Calon haji orang yang dipanggil Allah untuk beribadah

Baca juga: Pj Bupati: 81 calon haji adalah duta daerah dari Kabupaten Sorong


Jamaah haji ini dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke beberapa kabupaten/kota di Papua Barat dan Papua Barat Daya pada Rabu, 10 Juli 2024.

Berdasarkan data dari sistem informasi haji, pada saat Embarkasi rombongan jamaah haji Kloter 20 itu berjumlah 450 orang dan kembali ke tanah air sebulan kemudian dengan jumlah 449 haji.

Satu orang haj asal Kabupaten Fakfak, Papua Barat atas nama Abu Bakar Said Hegemur (78) meninggal dunia saat menjalani serangkaian proses ibadah di Arab Saudi pada 16 Juni 2024.

"Kloter 20 diberangkatkan 450 orang, yang kembali hanya 449 orang. Insya Allah yang wafat husnul khotimah,” katanya.

Kabid Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov dan Kanwil Kemenag Papua Barat atas kerja sama sehingga proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah Papua Barat dapat berjalan lancar.

“Terima kasih atas kerja sama dengan PPIH Embarkasi Makassar. Alhamdulillah, seluruh proses pemberangkatan dan pemulangan berjalan lancar. Insya Allah jamaah kita mendapatkan predikat haji mabrur,” tuturnya..l

Jamaah haji Kloter 20 diterima secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Ekonom dan Pembangunan Niko Tike.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat H. Saleh Siknun, Asisten III Setda Papua Barat Daya Hj. Atika Rafikah, serta Kakanwil Papua Barat, Luksen Jems Mayor beserta jajaran.*

Baca juga: Jamaah haji Papua Barat Daya diharapkan jadi duta perubahan

Baca juga: Calon haji asal Papua Barat batal berangkat haji karena hamil

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024