Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat kembali mengadakan donor darah di Jalan Letjen S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Selasa, untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah tersebut.

Donor darah tersebut diikuti oleh 124 orang dari 144 orang yang mendaftar. Mereka mayoritas merupakan karyawan perusahaan swasta.

"Perusahaan-perusahaan swasta memang rutin ajukan donor darah ke kita dan kita layani untuk donor darahnya," kata Ketua PMI Jakarta Barat (Jakbar) Beky Mardani di Jakarta.

Setiap bulan, pihaknya mengumpulkan rata-rata 3.200 kantong darah dengan satu kantong berisi 350 cc darah.

Adapun kebutuhan darah di wilayah setempat sebanyak 100 sampai dengan 120 kantong setiap hari atau 3.000 sampai dengan 3.600 kantong setiap bulan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah Jakbar, pihaknya juga mengirimkan stok darah ke rumah sakit di Pluit, Jakarta Utara. "Kita suplai juga ke rumah sakit di Jakarta Utara, misalnya, Pluit," kata Beky.

Baca juga: Targetkan 200 kantong, PMI gelar donor di Kantor Wali Kota Jakbar
Baca juga: PMI Jakbar beri layanan kesehatan bagi korban kebakaran di Kapuk


Pihaknya juga mengajak semua instansi pemerintah, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan dan elemen masyarakat lainnya untuk berkontribusi dalam kegiatan donor darah PMI.

Pada Juni 2024, pihaknya mengumpulkan total 3.897 kantong darah. Hal itu lantaran pada sejumlah lokasi donor bulan tersebut dilakukan hingga tiga kali donor darah.

"Kemarin itu 14 Juni, dalam rangka Hari Donor Darah sedunia banyak kegiatan donor. Satu perusahaan swasta itu tiga hari berturut-turut, terus di Wali Kota Jakbar dua hari berturut-turut," katanya.

Kemudian Polres Metro Jakbar dalam rangka Hari Bhayangkara juga menyelenggarakan donor darah. "Terus ada perusahaan-perusahaan swasta lain," kata Beky.

Sedangkan pada Maret 2024, pihaknya mengumpulkan 3.202 kantong darah. Kemudian pada April 3.066 kantong dan Mei sebanyak 
3.263 kantong darah.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024