Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemenang sayembara logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) menunjukkan adanya kesetaraan gender di bidang desain.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat mengapresiasi perancang logo HUT ke-79 RI Inggrid Wenas yang menjadi tahun kedua ajang sayembara ini dimenangkan oleh perempuan. Pada tahun lalu, karya dari perancang bernama Katarina Monika terpilih sebagai logo HUT ke-78 RI.

“Pemenangnya Inggrid Wenas dari Surabaya, dan satu-satunya perempuan waktu itu ya," kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Logo HUT ke-79 Republik Indonesia diluncurkan

"Kali ini kita lebih berani untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dan kali ini desainnya agak lain dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu menambahkan.

Inggrid mengungkapkan, logo desain HUT ke-79 RI memiliki makna Indonesia sebagai Nusantara merupakan negara kepulauan dengan keindahan alam yang elok. Angka 79 dibentuk dari beberapa bagian yang merupakan satu kesatuan dan berkaitan, menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Inspirasinya dari alam Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang indah, dengan alam yang elok,” kata Inggrid.

Baca juga: Pemerintah sosialisasikan logo dan slogan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Adapun logo dengan tagline HUT ke-79 RI “Nusantara Baru, Indonesia Maju” telah diluncurkan oleh Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) dan Kemenparekraf pada 24 Juni 2024.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Ritchie Ned Hansel menyampaikan telah sembilan kali bekerja sama dengan pemerintah dalam mendesain identitas dari acara perayaan kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

“Semoga ruang kerja sama antara desainer grafis di Indonesia semakin terbuka lebih luas dengan pemerintah, karena kami pasti perlu dukungan pemerintah dan bersama-sama memajukan Indonesia,” kata Ritchie.

Baca juga: Kementerian PUPR: Tol IKN dapat dimanfaatkan untuk perayaan HUT RI

Jika ditelaah lebih jauh, angka 79 pada logo HUT RI mengandung banyak makna yaitu disusun dari bagian-bagian terpisah yang merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Ujung angka 7 pada logo itu menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Baca juga: Konstruksi IKN akan dihentikan sementara jelang upacara HUT RI

Sementara arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Selanjutnya, bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9 merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Baca juga: OIKN optimistis pelaksanaan upacara HUT Ke-79 RI di IKN berjalan baik

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024