Jakarta (ANTARA) - Pelaku begal berinisial RF (31) yang beraksi di sebuah warung makan di Jelambar Baru, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, ditembak polisi karena melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri saat dilakukan pencari barang bukti.

Penembakan tersebut dilakukan pada Selasa pagi saat polisi bersama pelaku mencari barang bukti di wilayah Tubagus Angke, Jakarta. Pelaku telah ditangkap di rumah kerabatnya di wilayah Kuningan, Jawa Barat, pada Senin (8/7)

"Jadi pada saat ditangkap tidak ada perlawanan. Kita juga dibantu jajaran Satreskrim Polres Kuningan Jabar," kata Kapolsek Grogol Petamburan, Kompol Muharam Wibisono di Jakarta pada Selasa.

​​​​​​Meskipun pada waktu ditangkap tidak perlawanan, namun pada saat pengembangan kasus dengan mencari barang bukti, pelaku berusaha melarikan diri dan juga melakukan sedikit perlawanan ke personel Kepolisian.

"Sehingga kita melakukan tindakan tegas terukur (penambakan di kaki) kepada yang bersangkutan," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya tangkap pelaku begal terhadap casis Bintara di Jakbar

Kronologi penembakan terhadap pelaku berawal usai penangkapan saat polisi berusaha mencari barang bukti bersama dengan pelaku pada Selasa pagi di wilayah Teluk Gong, Jakarta Utara. Ketika itu didapatkan sebilah golok yang digunakan pelaku dalam aksinya.

"Pelaku kita tanya tuh, 'barang bukti lain di mana?' Terus kata dia, barang bukti (pakaian) dia kubur dekat Kali Angke, Jalan Tubagus Angke. Terus kita lanjut pencarian bukti di Tubagus Angke," kata Wibisono.

Ternyata, kata Wibisono, itu hanya akal bulus pelaku agar bisa melarikan diri di Jalan Tubagus Angke.

"Ketika penyidik kita sedang mencari-cari barang bukti, pelaku berusaha melarikan diri. Saat dikejar, ia berusaha melawan petugas menggunakan kayu yang ada di tempat tersebut," kata Wibisono.

Polisi pun melakukan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan korban yang tetap berusaha lari saat dikejar polisi.

Baca juga: Polisi tangkap begal di Kembangan

Saat dikejar, pelaku melakukan perlawanan. "Kita lakukan tindakan tegas terukur, kita lumpuhkan karena melawan dan kabur, (ditembak) di kaki," kata Wibisono.

Setelah ditembak, pelaku kemudian dibawa polisi ke Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat (Jakbar). Setelah itu, polisi kembali melakukan pengembangan hingga mendapatkan barang bukti berupa telepon seluler milik korban di wilayah Kalideres, Jakbar.

Polisi telah menangkap seorang begal bersenjata tajam yang beraksi di sebuah warung makan di Jelambar Baru, Grogol Petamburan (Gropet), Jakbar, pada Senin (10/6) lalu.

Adapun penangkapan pria berinisial R tersebut dilakukan di wilayah Kuningan, Jawa Barat, pada Senin. "Benar, satu orang sudah kami amankan kemarin," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Polisi M Syahduddi di Jakarta pada Selasa.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024