Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan tiga pesan strategis, agar keberadaan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan.

Pertama, Wapres ingin memastikan bahwa keberadaan jalan tol itu memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

"Tingkatkan pembangunan infrastruktur pendukung lainnya dengan lengkap, seperti peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan jalan tol serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik," kata Wapres dalam sambutan peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jabar, dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Wapres juga meminta kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan ditingkatkan, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta serta masyarakat untuk memastikan tersedianya akses yang lebih baik ke pusat-pusat ekonomi, pendidikan dan layanan kesehatan.

"Hal ini penting demi peningkatan kualitas hidup masyarakat," kata Wapres.
Baca juga: Wapres resmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung Selasa

Tingkat aksesibilitas yang tinggi, menurutnya, akan mendorong daya saing daerah, menarik investasi, dan menciptakan lapangan kerja baru sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Kedua, Wapres juga menekankan pentingnya implementasi prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam pembangunan jalan tol.

"Pastikan pembangunan infrastruktur tidak hanya mempertimbangkan aspek ekonomi, namun juga mengedepankan aspek lingkungan dan sosial," ujar Wapres.

Ia pun mengharapkan dengan semakin pendeknya jarak tempuh dan semakin lancarnya arus lalu lintas antardaerah, emisi kendaraan dapat menurun. Selain itu, Wapres juga mendorong pengembangan dan peningkatan tata kelola jalan tol yang lebih baik, mulai dari pemeliharaan jalan hingga pembangunan rest area.

Ketiga, Wapres juga menggarisbawahi pentingnya prinsip keberlanjutan dalam pembangunan jalan tol.

"Pembangunan jalan tol ini adalah awal dari pencapaian tujuan yang lebih besar lagi, yaitu kesejahteraan dan pemerataan pembangunan," ujar Wapres pula.

Menurut Wapres, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan membuka peluang ekonomi baru dalam jangka panjang, sehingga pemeliharaan jalan tol harus dilakukan secara berkala.

"Pembangunan yang dihasilkan dari jalan tol ini tidak hanya memiliki nilai investasi jangka panjang, namun juga mampu mewujudkan keadilan ekonomi bagi masyarakat lokal," kata Wapres.

Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun itu merupakan bagian dari JORR 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi hanya 30-45 menit, dari sebelumnya yang menempuh 1-2 jam melalui jalan arteri.
Baca juga: Wapres: Tol Cimanggis-Cibitung dorong efisiensi ekonomi di Jabodetabek
Baca juga: Menteri PUPR sebut Tol Cimanggis-Cibitung kurangi kemacetan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024