Jakarta (ANTARA) - Sama seperti perkembangan fitur pada ponsel, sistem operasi Android juga terus berkembang dan menghadirkan berbagai fitur canggih.

Pada Oktober 2023, Google resmi merilis sistem operasi terbaru, yaitu Android 14 yang juga merupakan versi final yang Google luncurkan.

Android 14 bisa digunakan oleh berbagai merek ponsel yang menjalankan sistem operasi tersebut, seperti Samsung, iQoo, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Android 14 dilengkapi sejumlah fitur baru yang canggih seperti penyesuaian lockscreen, perlindungan privasi dan peningkatan aksesibilitas.

1. Wallpaper berbasis AI
Pengguna bisa membuat wallpaper unik dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Anda juga bisa menyesuaikan objek sesuai keinginan.

Pada tahap awa perilisan Android 14, hanya ponsel terbaru dari Google, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, yang bisa menggunakan fitur wallpaper AI.

2. Health Connect
Fitur itu menyediakan opsi bagi pengguna untuk menyimpan semua data kesehatan mereka dalam satu tempat. Pengguna dapat menghubungkan dan menyesuaikan aplikasi kesehatan dan kebugaran favorit mereka.

3. Foto Ultra HDR
Android 14 memberikan keunggulan pada foto melalui fitur Ultra HDR, melanjutkan dukungan untuk video rentang dinamis tinggi (HDR) yang ada pada Android 13. Ultra HDR meningkatkan kualitas foto dengan menampilkan warna-warna yang lebih cerah, sorotan yang lebih terang, dan bayangan yang lebih gelap. 

Selain itu, Ultra HDR memungkinkan pengambilan dan tampilan foto dengan definisi tinggi tanpa mengurangi kualitas aslinya.

4. Kustomisasi Lockscreen

Para pengguna Android 14 bisa menyesuaikan layar lockscreen (tampilan layar saat terkunci), seperti, memasang fitur jam dengan berbagai model baru. Pengguna juga bisa memilih font, warna, ukuran dan desain jam yang diinginkan

Anda juga bisa langsung mengakses aplikasi atau menu yang paling sering Anda buka langsung dari lockscreen melalui sistem shortcut (pintasan).

5. Fitur aksesibilitas untuk tunanetra
Untuk pengguna dengan gangguan penglihatan, fitur kaca pembesar yang diperbarui di Android 14 menjadi lebih canggih. Pengguna dapat memperbesar dan memperkecil hanya dengan mencubit kaca pembesar.

Ukuran kaca pembesar juga bisa diatur melalui panel pengaturan yang baru dan disesuaikan seberapa besar bagian layar yang ingin diperbesar.

Dengan berbagai fitur yang telah disebutkan di atas, Android 14 memberikan pengalaman yang lebih maju bagi para penggunanya dalam mendukung mobilitas dan kebutuhan teknologi saat ini.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024