Baturaja (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan membongkar pos pungutan liar (pungli) yang ada di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah setempat.

"Pembongkaran ini dilakukan oleh anggota Polsek Baturaja Barat," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Selasa.

Baca juga: Pos Pengaduan Pungli hadir di Terminal Kampung Rambutan

Anggota Polsek membongkar sejumlah pos semi permanen yang diduga sebagai tempat pungli di sepanjang Jalinsum wilayah Desa Karang Agung, Kecamatan Baturaja Barat.

Dia mengatakan, pembongkaran tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat ke Call Center Bantuan Polisi Polda Sumsel yang resah dengan adanya aktivitas pungli.

Dalam laporan disebutkan bahwa kegiatan premanisme berupa pungli terhadap kendaraan angkutan berat marak terjadi di Jalan Lintas Desa Tanjung Karang sampai ke Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat hingga meresahkan masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang miliki layanan baru berupa pos pengaduan pungli

Menanggapi laporan tersebut, personel Polsek Baturaja Barat segera melakukan patroli di sepanjang Jalinsum dari Desa Tanjung Karang hingga Kelurahan Batu Kuning guna penertiban.

“Dalam kegiatan patroli tersebut tidak ditemukan kegiatan pungli. Namun, anggota mengimbau warga Desa Tanjung Karang dan Kelurahan Batu Kuning untuk tidak melakukan pungli,” tegasnya.

Baca juga: Pelaku pungli di penyekatan tol Palembang-Lampung ditangkap polisi

Selain memberikan imbauan kepada masyarakat, personel Polsek Baturaja Barat juga membongkar pos pungli sebagai bagian dari upaya preventif untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Polres OKU dan jajaran polsek akan terus melakukan patroli khususnya di wilayah Kecamatan Baturaja Barat sebagai langkah antisipasi terjadinya pungli maupun gangguan kamtibmas lainnya,” ujarnya.

Baca juga: Puluhan Pos Pungli di Tangerang Ditutup
Baca juga: Terlibat pungli, Dirlantas Polda Metro Jaya proses anggota ke Propam
Baca juga: Polisi dirikan posko khusus atasi pungli di Bandara Kualanamu

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024