Jakarta (ANTARA) - Prestasi kurang maksimal Jonathan Wijono saat berkiprah di turnamen Indonesia Open tahun lalu sama sekali tidak membebani pegolf nasional 23 tahun itu menjelang turnamen serupa pada tahun ini.

  Pada Indonesia Open 2023, atlet yang akrab disapa Jowi itu menghuni posisi T33 di klasemen akhir dengan skor 8 under. Catatan itu lebih buruk ketimbang juniornya, Gabriel Hansel, yang menutup turnamen dengan menghuni posisi T9 dengan 13 under.

  “Beban sih tidak. Fokusnya kan tetap ke diri saya sendiri soalnya, jadi tidak saya jadikan beban. Tapi saya tahu mereka pasti bisa mencetak poin. Jadi kembali lagi, bukan cari tahu mereka bagaimana mainnya, atau bagaimana melawan mereka, karena golf kan main melawan diri saya sendiri,” kata Jonathan saat ditemui usai konferensi pers di Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Selasa.

  Sebagai pegolf profesional, Jonathan tentu merasakan tekanan untuk tampil sebaik mungkin di depan publik tuan rumah pada Indonesia Open 2024 yang akan berlangsung pada 29 Agustus sampai 1 September mendatang. Meski demikian, ia akan berusaha mengubah tekanan yang ada menjadi motivasi.

  “Pastinya ada tekanan, tapi itu saya jadikan motivasi ketimbang rintangan. Mengubah hal itu memang tidak gampang, tapi ya kita berusaha sebaik mungkin. Pastinya bangga juga mewakili Indonesia di turnamen ini,” ujar pegolf kelahiran Surabaya itu.

  Sebagai sasaran realistis, Jonathan mengincar posisi sepuluh besar saat bertarung di Indonesia Open 2024. Terlebih, ia pun mengakui bahwa dirinya belum pernah tampil di ajang utama di Damai Indah Golf PIK.

  Jonathan juga mengakui kehadiran para pegolf amatir, seperti Hansel, akan menghadirkan warna tersendiri. Apalagi menurut Jonathan, para pegolf amatir itu sudah beberapa kali bertanding di lapangan Damai Indah Golf PIK.

  “Menurut saya amatir main di Damai Indah PIK cukup kuat ya, karena sudah sering ada turnamen world junior itu ya. Jadi mereka tentu lebih mengerti lapangannya dibanding kita karena kita juga jarang main di sini. Mereka pasti akan lebih mengenali lapangan tersebut dan juga mereka pasti akan tampil lebih kuat dibanding beberapa tahun lalu,” pungkas Jowi.

Baca juga: Jonathan Wijono menikmati permainan hari keempat Indonesia Masters

Baca juga: Jonathan Wijono targetkan masuk empat besar BNI Indonesian Masters


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024